Memisahkan Politik dari Sepakbola Hanya Sebuah Omong Kosong! FIFA dan UEFA Munafik!

- 22 Maret 2022, 17:58 WIB
Ilustrasi Kedua Presiden UEFA dan FIFA.
Ilustrasi Kedua Presiden UEFA dan FIFA. / Screenshot Youtube Starting Eleven Story/

PRIANGANTIMURNEWS- Sepakbola tak hanya sekedar olahraga terpopuler di dunia melainkan juga telah bertransformasi menjadi sebuah industri yang sangat menggiurkan memiliki penggemar yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

Sepakbola juga menjadi Primadona bagi banyak kepentingan salah satunya adalah politik-politik bersama dengan bisnis dan kekuatan uangnya yang luar biasa adalah penyebab sepakbola bisa menjadi seperti sekarang ini.

Sebagaimana dilansir priangantimurnews.pikiranrakyat.com dari Youtube Starting Eleven Story, Meski identik dengan hal yang kotor tetapi politik memang tidak akan pernah bisa dipisahkan dari sepakbola sebagai olahraga nomor satu di dunia sepakbola kerap dipakai dan dimanfaatkan oleh banyak pihak sebagai corong media untuk berbagai kepentingan.

Baca Juga: Ghyna Ridha, Penyanyi Cantik yang Sukses Bikin Marquez Joget Dangdut

Bahkan tidak sedikit pula tim dan para suporternya yang melibatkan diri kedalam suatu pandangan politik tertentu, pemandangan tersebut bukanlah hal yang baru dan sejarah sendiri sudah membuktikannya di masa lalu ada campur tangan Benito Mussolini di sepakbola Italia.

Di bawah rezim fasis yang ia Pimpin Italia berhasil menjuarai Piala Dunia 2 kali bruntun pada edisi 1934 dan 1938, Gli Azzurri juga menjadi Kampiun Olimpiade 1936.

Namun kesuksesan itu juga dibarengi dengan kontroversi Italia menjadi tuan rumah Piala Dunia 1934 setelah sebelumnya Mussolini berhasil melobi para petinggi FIFA.

Ada kabar pula yang menyebut bahwa Mussolini telah menyuap terlebih dahulu wasit yang memimpin laga final, selain itu Mussolini juga dikabarkan mengirim khusus pasukan bersenjata ke ruang ganti pemain.

Untuk menyampaikan pesan yang berbunyi juara atau mati, politik Mussolini memang berhasil mengubah wajah timnas Italia sekaligus menyebar doktrin fasisme.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: YouTube Starting Eleven Story


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x