Pertandingan Sepak Bola Demi Efisiensi Waktu, Akan Pakai Sistem Waktu NBA dan Tidak Lagi 90 Menit

- 26 Mei 2022, 13:17 WIB
Ilustrasi seorang Kiper sedang memegang bola./Instagram @realmadrid
Ilustrasi seorang Kiper sedang memegang bola./Instagram @realmadrid /

PRIANGANTIMURNEWS - Ada satu aturan di sepak bola yang gak banyak orang tahu. Seorang kiper secara legal cuma dibolehin memegang bola di tangannya selama gak lebih dari 6 detik.

Kalau melebihi durasi itu, maka menurut International Football Association Board (IFAB), wasit bisa ngasih indirect free-kick buat lawan. Tapi, dalam realitanya, tampaknya aturan itu cuma omong kosong.

Sering banget kita ngelihat kiper secara sengaja maupun gak sengaja mendekapkan bola di tangannya lebih dari 6 detik.

Baca Juga: TEKNOLOGI PUNTA MENANGKAN JUARA! Klopp Memberikan Alexander Arnold untuk Menggunakan Sensor Otak Saat Latihan

Tapi, wasit gak ngasih konsekuensi sesuai aturan. Hal sama juga berlaku buat aspek in-game lain. Throw-in, misalnya. Banyak pemain maju pelan-pelan dari posisi asli waktu bola out.

Terus, pemain yang throw-in jarak jauh juga makan banyak waktu buat persiapan. Ngelap bola, mikir, ancang-ancang. Bisa 20 detik sendiri.

Ditambah, sepak bola era sekarang punya fitur 5 kali pergantian pemain dan review VAR. Otomatis, makin banyak deh waktu kebuang dari 90 menit laga normal.

Baca Juga: Meneri Keuanagn Sri Mulyani Akan Terus Menjaga Keuangan Negara, Ini Kata Luhut Binsar Panjaitan

Makanya, tidak perlu heran kalau tambahan waktu sekarang bisa 8-10 menit/babak.

Bahkan riset CIES Football Observatory bilang kalo dari 36 liga di dunia sejak 2019, waktu in-game 1 pertandingan sepak bola itu rata-rata 59 menitan. Sisanya habis dalam kondisi bola gak dimainkan.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @podcastretropus


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x