Ternyata, Alam Shearer Setara Neymar: Seberapa Mahal Transfer EPL Zaman Dulu Bila Dilakukan Hari Ini?

- 3 Juli 2022, 21:15 WIB
Shearer yang setara bayarannya dengan Neymar.
Shearer yang setara bayarannya dengan Neymar. /Instagram/@neymarjr @alanshearer/

PRIANGANTIMURNEWS - Transfer 100 juta Euro Jack Grealish dari Aston Villa ke Manchester City pada musim 2021-2022 lalu bikin dia jadi rekrutan termahal dalam sejarah Premier League, dalam konteks nominal.

Tapi, kalau ikut ngitung inflasi ekonomi, ternyata transfer Grealish cuma ada di posisi ke-17 dalam daftar transfer sepanjang masa Premier League. Kok bisa gitu, ya? Yuks simak berikut ini.

Pada Maret 2022 lalu, dua orang ahli keuangan sepak bola dari University of Liverpool, Kieran Maguire dan Jason Laws, bikin metriks dan rumus matematik khusus buat menghitung pengaruh nilai inflasi dari transfer-transfer zaman dulu.

Baca Juga: Persib Tersingkir Delapan Besar di Piala Presiden 2022, Pelatih Persib, Robert Albert Ungkap Keuntungan Ini

Mereka makai kurs tukar paun tahun 2019 (yang masih stabil sebelum super fluktuatif di era pandemi) sebagai acuan, dan nemu fakta berikut:

1. Robinho (Real Madrid ke Man City, 2008)

City nebus Robinho dari Real Madrid kala itu dengan harga 32,5 juta Euro. Kalo transfernya dilakukan hari ini, angka itu sama dengan 88,5 juta Euro.

2. Fernando Torres (Liverpool ke Chelsea, 2011)

Waktu itu, Torres dibeli Chelsea dari Liverpool dengan harga 50 juta Euro. Kalo transfernya dilakukan hari ini, angka itu sama dengan 112,3 juta Euro.

Baca Juga: Lalu Lintas Tersendat, Bus Primajasa dan Truk Ayam Tabrakan di Tol Cipali Subang

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @podcastretropus


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah