Hakikat dan Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan

- 18 Januari 2022, 22:07 WIB
Hakikat pendidikan kewarganegaraan
Hakikat pendidikan kewarganegaraan /BPIP RI/

PRIANGANTIMURNEWS- Untuk memahami Hakikat Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia, dapat dibedakan menjadi 6, yaitu secara Etimologis, Yuridis, Terminologis, dan Historis, Sosiologis, dan Politis

Secara Etimologis, Pendidikan Kewarganegaraan berasal dari kata “Pendidikan” dan kata “Kewarganegaraan”.

Pendidikan berarti usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya, sedangkan Kewarganegaraan adalah segala hal ihwal yang berhubungan dengan warga negara.

Baca Juga: Inilah 4 Identitas Nasional Indonesia

Secara Yuridis, Pendidikan Kewarganegaraan dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air.

Secara Terminologis, Pendidikan Kewarganegaraan adalah program pendidikan yang berintikan demokrasi politik, diperluas dengan sumber-sumber pengetahuan lainnya: pengaruh-pengaruh positif dari pendidikan sekolah, masyarakat, dan orang tua.

Secara Historis, Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia awalnya diselenggarakan oleh organisasi pergerakan yang bertujuan untuk membangun rasa kebangsaaan dan cita-cita Indonesia merdeka.

Baca Juga: “Ghost Doctor” Drama Medis Fantasi Baru Tentang Dua Dokter yang Disutradai oleh Boo Sung Chul

Secara Sosiologis, Pendidikan Kewarganegaraan Indonesia dilakukan pada tataran sosial kultural oleh para pemimpin di masyarakat yang mengajak untuk mencintai tanah air dan bangsa Indonesia.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Buku PKN


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x