Inilah 4 Identitas Nasional Indonesia

- 18 Januari 2022, 22:03 WIB
Identitas nasional.
Identitas nasional. /Kementerian Pertahanan/

PRIANGANTIMURNEWS– Identitas Nasional Indonesia meliputi bendera, bahasa, dan lambang negara, serta lagu kebangsaan.

Ini diatur dalam Undang-Undang No. 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

Dasar pertimbangan tentang Bendera, Bahasa, Dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan Indonesia diatur dalam undang-undang karena :
1. bendera, bahasa, dan lambang negara, serta lagu kebangsaan Indonesia merupakan sarana pemersatu, identitas, dan wujud eksistensi bangsa yang menjadi simbol kedaulatan dan kehormatan negara sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; dan

2. bahwa bendera, bahasa, dan lambang negara, serta lagu kebangsaan Indonesia merupakan manifestasi kebudayaan yang berakar pada sejarah perjuangan bangsa, kesatuan dalam keragaman budaya, dan kesamaan dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga: “Ghost Doctor” Drama Medis Fantasi Baru Tentang Dua Dokter yang Disutradai oleh Boo Sung Chul

Empat Identitas Nasional Indonesia Meliputi Bendera, Bahasa, Dan Lambang Negara Serta Lagu Kebangsaan dapat diuraikan sebagai berikut.
1. Bendera Negara Sang Merah Putih Ketentuan tentang Bendera Negara diatur dalam UU No.24 Tahun 2009 mulai Pasal 4 sampai Pasal 24.

Bendera warna merah putih dikibarkan pertama kali pada tanggal 17 Agustus 1945 namun telah ditunjukkan pada peristiwa Sumpah Pemuda Tahun 1928.

Bendera Negara yang dikibarkan pada Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta disebut Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih.

Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih saat ini disimpan dan dipelihara di Monumen Nasional Jakarta. Warna bendera negara memberi makna dan arti tersendiri bagi suatu negara.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Buku PKN


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x