Mahfud MD Ditunjuk Jadi Cawapres Dampingi Ganjar, Ini Tanggapan Pengamatan Soal Mesin Politik PDIP

- 18 Oktober 2023, 15:19 WIB
Mahfud MD resmi jadi bacawapres dampingi Ganjar Pranowo.
Mahfud MD resmi jadi bacawapres dampingi Ganjar Pranowo. /Antaranews.com/

PRIANGANTIMURNEWS - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri telah mengumumkan Mahfud MD sebagai bacawapres dampingi bacapres Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 mendatang.

Setelah Cawapres Ganjar Pranowo resmi memiliki Bacawapres Mahfud MD, lantas apalah ada pengaruhnya terhadap mesin politik PDI Perjuangan ?

Pengamat Politik Ahmad Khoirul Umam menyatakan mesin politik PDI Perjuangan diperkuat dengan terpilihnya Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Megawati Umumkan Mahfud MD Dampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, Begini Alasannya

"Penentuan Mahfud MD sebagai cawapres dari Ganjar Pranowo akan memperkuat mesin politik PDIP dan Capres Ganjar Pranowo," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs (Indostrategic) itu menjelaskan penentuan nama Mahfud MD, mempertegas keyakinan PDIP selama ini, bahwa mesin politik PDIP bisa optimal jika mesin politik nasionalisnya disandingkan dengan representasi kekuatan politik islam moderat.

"Figur Mahfud MD merepresentasikan kekuatan politik Nahdliyyin," ujarnya.

Meskipun kata dia, nama Mahfud MD pernah dipertanyakan kadar ke-NU-annya jelang Pilpres 2019 lalu. Tetapi, Mahfud termasuk figur yang telaten memelihara silaturahmi dengan para kiai sepuh, para santri dan jaringan pesantren di nusantara.

Baca Juga: Temuan 12 Senjata Api di Rumah Dinas Mentan Syahrul Yasin Limpo Harus Diproses Hukum, Ini kata Mahfud MD

Selain itu, kuatnya komitmen Mahfud MD terhadap isu-isu penegakan hukum, tidak hanya bisa membantu Ganjar untuk mengonsolidasikan basis kekuatan politik santri di Jawa dan Madura. Tetapi, juga bisa mengambil ceruk pemilih yang berasal dari segmen masyarakat terdidik perkotaan yang memiliki literasi politik yang memadai.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x