Dinilai Abaikan Petani, Cawapres Nomor 1 Muhaimin Iskandar Akan Hentikan Food Estate

- 21 Januari 2024, 22:07 WIB
Cawapres RI Muhaimin Iskandar menyampaikan pandangannya di hadapan dua cawapres lainnya, Mahfud Md. dan Gibran Rakabuming Raka, saat debat keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1).
Cawapres RI Muhaimin Iskandar menyampaikan pandangannya di hadapan dua cawapres lainnya, Mahfud Md. dan Gibran Rakabuming Raka, saat debat keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1). /ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat/Spt.

PRIANGANTIMURNEWS - Dinilai mengabaikan petani, meninggalkan masyarakat adat, menghasilkan konflik agraria, bahkan merusak lingkungan, calon wakil presiden nomor urut satu Muhaimin Iskandar menyebut akan menghentikan program food estate yang menjadi program pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

"Ini harus dihentikan," katanya dalam debat keempat di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu malam.

Dia merasa prihatin karena program upaya pengadaan pangan masyarakat itu diduga mengabaikan petani, meninggalkan masyarakat adat, menghasilkan konflik agraria, bahkan merusak lingkungan.

Baca Juga: Apa Obat Kolesterol, Ini Lima Daun yang Ampuh Turunkan Kolesterol

Sebelumnya, calon presiden Anies Baswedan juga mengatakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) lebih bagus untuk petani daripada diberikan kepada korporasi atau perusahaan swasta untuk membangun lumbung pangan (food estate).

"Alokasi anggaran melalui subsidi pupuk dan solar lebih penting untuk petani sehingga bisa bermanfaat langsung oleh mereka dalam mengelola lahan pertanian," kata Anies di Gorontalo, Senin (8/1).

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu juga menyoroti tentang deforestasi ratusan hektare yang merusak kelestarian lingkungan akibat program food estate yang digagas oleh Kementerian Pertahanan. Namun, justru tidak membawa manfaat untuk petani atau masyarakat hingga saat ini.

Baca Juga: Antusiasme Tinggi Peserta Pemilu 2024 WNI di Jepang, Zahra: Cenderung Lebih Tenang Daripada di Indonesia

Pasangan Anies-Muhaimin mengusung visi, misi dan program kerja, dengan tema besar Indonesia adil makmur untuk semua. Misi pasangan Anies-Muhaimin dituangkan dalam delapan jalan perubahan.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x