Emosional dan Temperamental Saat Debat Pertama, Prabowo Berpotensi Kehilangan Dukungan

- 15 Desember 2023, 17:51 WIB
Capres nomor urut 1, Anies Baswedan (kanan) dan capres nomor urut 2, Prabowo Subianto beradu argumen pada debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta pada Selasa, 12 Desember 2023.
Capres nomor urut 1, Anies Baswedan (kanan) dan capres nomor urut 2, Prabowo Subianto beradu argumen pada debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta pada Selasa, 12 Desember 2023. /Antara/

PRIANGANTIMURNEWS- Prabowo Subianto capres pada pemilu 2024 mendatangkan bisa berpotensi kehilangan dukungan dari kalangan menengah ke atas dan intelek.

Hal itu terjadi karena calon presiden nomor urut 2 itu terkesan menunjukkan sikap temperamen pada debat pertama di KPU, Selasa 12 Desember 2023 lalu.

Pakar politik dari Universitas Andalas, Padang, Asrinaldi mengatakan Prabowo Subianto berpotensi kehilangan pendukung dari kalangan menengah ke atas dan intelek lantaran calon presiden nomor urut 2 itu terkesan menunjukkan sikap tempramen pada debat pertama di KPU, Selasa (12/12) lalu.

Baca Juga: Omid Nazari Temu Kangen! Bobotoh Minta Balik Lagi Ke Bandung

"Tentu yang akan dirugikan kepada pak Prabowo itu adalah kelompok menengah kelompok terdidik yang melihat dia selama ini simpatik tapi karena menampilkan sikap seperti itu ya ada pertimbangan pertimbangan lain," kata Asrinaldi saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Kamis.

Menurut Asrinaldi, Prabowo sudah berpengalaman menjalani debat calon presiden. Menteri Pertahanan RI itu pun dinilai mempunyai gagasan yang bagus terkait penegakan hukum dan perlindungan HAM.

Namun demikian, dia menilai Prabowo beberapa kali gagal menyampaikan gagasan dalam debat karena telah larut dalam sikap emosional.

"Sikap seperti itu, temperamen, dari segi materi debat juga, bukan tidak begitu menguasai ya tapi tidak jelas apa ide yang akan disampaikan," kata dia.

Baca Juga: Bawa 30 Pemain Timnas Indonesia! STY dan Skuad Garuda Siap Beraksi di Piala Asia 2023 di Qatar

Dia pun mencontohkan pertanyaan calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo yang menanyakan penanganan kasus HAM masa lalu kepada Prabowo.
 
Dalam perdebatan, Prabowo menilai pertanyaan Ganjar bersifat tendensius dan memojokkan dirinya.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x