Naiknya Harga Chip Memicu Laba Kuartalan Terbaik Samsung Dalam 3 Tahun

- 8 Oktober 2021, 19:37 WIB
Samsung
Samsung /ANTARA FOTO/

PRIANGANTIMURNEWS- Samsung Electronics Co Ltd (005930.KS) pada hari Jumat menandai lonjakan 28% dalam laba operasi kuartal ketiganya ke level tertinggi dalam tiga tahun, didorong oleh kenaikan harga chip memori dan penjualan display untuk peluncuran smartphone unggulan baru.

Hasil awal naik 26% dari kuartal kedua, meskipun sedikit di bawah perkiraan, sementara reaksi pasar lebih lanjut diredam karena analis memperkirakan hasil datar atau sedikit lebih rendah kuartal ini karena perkiraan penurunan harga chip memori.

Pembuat chip memori dan smartphone terbesar di dunia memperkirakan laba Juli-September mencapai 15,8 triliun won ( 13,3 miliar dolar), di bawah Refinitiv SmartEstimate sebesar 16,1 triliun won. Ini merupakan laba kuartalan tertinggi sejak kuartal ketiga 2018.

Baca Juga: Borussia Dortmund Siap Menggandakan Gaji Erling Haaland Supaya Tidak Pindah Klub

"Margin operasi bisnis seluler mungkin lebih rendah dari perkiraan pasar," kata Park Sung-soon, analis Cape Investment & Securities. "Kami harus melihat biaya pemasaran dan seperti apa campuran produk yang dijual Samsung."

Naiknya harga dan pengiriman chip memori, ditambah lonjakan profitabilitas di bisnis manufaktur kontrak chip Samsung, kemungkinan meningkatkan laba operasi divisi chip sekitar 79% dari tahun sebelumnya, kata para analis.

Semikonduktor menyumbang sekitar setengah dari laba operasi Samsung di paruh pertama tahun ini.

Saham Samsung memangkas kenaikan awal menjadi 0,4% dalam perdagangan sore. Hal ini karena mengumumkan pendapatan rinci akhir bulan ini.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta, Jumat 8 Oktober 2021: Irvan Akhirnya Kunjungi Rumah Aldebaran

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah