Nyurabi Sambil Kongres! Ngawangkong Sampe Beres, 4 Rekomendasi Tempat Hidangan Surabi di Tasikmalaya

- 28 Februari 2024, 07:03 WIB
Surabi Oncom/YouTube/Tastemade Indonesia//
Surabi Oncom/YouTube/Tastemade Indonesia// /


PRIANGANTIMURNEWS - Surabi, atau yang dikenal sebagai serabi di Solo dan sorabi di Tasikmalaya, merupakan kudapan lezat terbuat dari tepung beras, varian nama tergantung pada daerah asalnya.

Di kota Solo, serabi biasanya disajikan dengan topping rasa manis seperti nangka, coklat, juga santan kental, sementara di Tasikmalaya, kudapan ini dikenal dengan sebutan surabi dan lebih dikenal dengan topping berbahan oncom yang memiliki rasa gurih serta pedas.

Proses pembuatan surabi yang berbahan oncom melibatkan campuran tepung beras, tepung terigu, juga santan yang dimasak menggunakan bahan tradisional yaitu kayu bakar atau tungku dengan wajan kecil berbahan tanah liat.

Baca Juga: Cerita VAIA Masuk Industri Fesyen, Berkembang karena Sokongan Shopee

Kelezatan surabi oncom semakin terasa karena penggunaan metode pengolahan yang masih tradisional.

Topping dengan bahan oncom untuk surabi di Tasikmalaya disiapkan dengan meracik bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kencur, cabe serta tentu saja oncom, hingga memberikan cita rasa yang khas dan digemari oleh masyarakat setempat.

Tidak hanya terbatas pada topping yang berbahan oncom, ada juga varian lain seperti surabi telor yang memiliki rasa gurih dan bergizi.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Kuliner Tasikmalaya, Hidangan Sama Rasa Beda, Jajal Yuk!

Buat kalian yang berkunjung ke kota Tasikmalaya, disarankan untuk mencoba kudapan legendaris ini, sehingga dapat menjadi pengalaman kuliner baru yang memuaskan.

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x