Ranginang Purwaharja Kota Banjar Tembus Pasar Internasional

- 7 Mei 2021, 16:22 WIB
Sejumlah pengrajin sedang membuat ranginang
Sejumlah pengrajin sedang membuat ranginang /PRIANGANTIMURNEWS/Edi Mulyana/HO Bank Indonesia

PRIANGANTIMURNEWS - Ranginang Purwaharja Kota Banjar Jawa Barat selain menguasai pasar lokal juga sudah tembus ke mancanegara.

Sekretaris Sentral Ranginang Purwaharja Wawat Herawati mengatakan ranginang hasil produksi di Kp Wargamulya Kelurahan Purwaharja Kecamatan Purwaharja Kota Banjar selain memenuhi pasar lokal juga tembus pasar internasional.


Alur pemasaran Raginan Purwaraharja Kota Banjar selain sudah menguasai wilayah Jawa Barat seperti sekitar Kota Banjar, Pangandaran, Ciamis, Kota/Kabupaten Tasikmalaya, Garut, Cirebon, Jawa Tengah, Tangerang, Bekasi.

Baca Juga: Penyerang Imam Masjid Saat Shalat Subuh Diringkus Polisi dalam Kondisi Babak-belur

"Sedangkan ke luar negeri di pasarkan ke Jepang, Turki, dan pasar onlinekata, Sekretaris Sentral Ranginang Purwaharja Wawat Herawati Jumat 7 Mei 2021.

Wawat, menyebutkan, untuk omset penjualan sebelum ada pendam covid-19 Tahun 2019 omset penjualan telah mencapai satu ton perbulan.

Di saat pandemi Tahun 2020 hanya tembus 5 kuintal perbulan sedangkan, 2021 sampai pertengahan puasa mencapai 7 kuintal.

Baca Juga: Penyekatan Mudik 2021, 648 Mobil Dialihkan di Tol Cikampek

Selama proses produksi mulai produksi hingga pemasaran mengalami fluktuatif, bahkan pernah mengalami musibah sekitar tahun 2016 pengeringan yang manual sempat kebakaran.

Akibat kebakaran itu, pengrajin ranginang mendapat bantuan pengopenan sebanyak 5 buah dari Bank Indonesia, hingga produksi berjalan tanpa kendala.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x