Keripik Gedebok Pisang, Camilan Tinggi Serat dan Menyehatkan, Begini Cara Membuatnya

- 22 Januari 2022, 10:38 WIB
 Eva Hariyanti (kanan), warga Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis bersama pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) menunjukkan keripik gedebog pisang olahannya, saat Gebyar Pesona PKH Tahun 2021, di Gedung Pramuka Ciamis, Jumat 21 Januari 2022.
Eva Hariyanti (kanan), warga Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis bersama pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) menunjukkan keripik gedebog pisang olahannya, saat Gebyar Pesona PKH Tahun 2021, di Gedung Pramuka Ciamis, Jumat 21 Januari 2022. /NURHANOKO WIYOSO/ Pikiran Rakyat

PRIANGANTIMURNEWS - Gedebok pisang selama ini hanya dianggap sebagai sampah. Paling hanya gunakan untuk tambahan pakan ternak.

Selain itu juga biasa digunakan untuk menancapkan wayang kulit atau golek saat ada pertunjukan wayang. Setelah itu gedebok pisang langsung dibuang.

Namun di tangan Eva Hariyanti, gedebog pisang diolah menjadi keripik gedebog pisang. Keripik batang pisang memiliki tekstur khas serta enak rasanya. Apalagi gedebog pisang dipercaya kaya manfaat untuk kesehatan. Kandungan tinggi serat, dapat membantu mengatasi sembelit, dan lainnya.

Baca Juga: Priyanka Chopra dan Nick Jonas Umumkan Kelahiran Anak Pertama, Melalui Prosedur Ibu Pengganti


Dia mengungkapkan, ide membuat keripik gedebog pisang, gara-garanya sederhana karena terkesan dengan sajian sayuran dari anakan pohon pisang (mirip rebung bambu), saat menghadiri undangan temannya.

“Dari situlah muncul ide memanfaatkan gedebog pisang. Apalagi di sekitar rumah banyak pohon pisang. Alhamdulillah dapat bantuan modal dari PKH,” ungkap Eva Hariyanti saat ditemui di sela Gebyar Pesona PKH Tahun 2021, di Gedung Pramuka, Ciamis, Jumat 21 Januari 2022.

Eva sendiri mengaku sempat beberapa kali gagal mengolah batang pohon pisang menjadi keripik. Dari kegagalan tersbeut, akhirnya menemukan tips serta resep keripik yang diinginkan, yakni tidak pahit, krispi atau renyah. “Pertama kali gagal karena rasanya pahit. Saya terus mencoba, akhirnya ketemu resep yang pas,” katanya.

Baca Juga: Makanan Khas Masyarakat Sunda, Singkong Bakar Saus Gula Merah ala Garut Selatan

Tips untuk membuat keripik gebedog pisang, jelasnya, pilih batang pohon pisang siem atau kapok. Kemudian ambil kulit lapisan batang pisang bagian dalam warna putih. Lapisan luar kulit batang pisang, warna hijau, keras sehingga tidak bisa diolah.

Setelah dipotong-potong, panjangnya sesuai selera. Kemudian kulit luar diseset atau dipisahkan, hingga hanya menyisakan bagian dalam yang mirip spons kotak-kotak. Langkah berikutnya langsung direndam dalam air diberi kapur sirih dan garam. Jika tidak segera direndam, akan berubah menjadi warna hitam.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah