Prinsip Ekonomi Syariah Yang Menjadi Pijakan

- 20 Mei 2022, 22:19 WIB
Ilustrasi buku ekonomi syariah.
Ilustrasi buku ekonomi syariah. /Shopee

PRINGANTIMURNEWS- Dalam ekonomi syariah tentunya memiliki prinsip tertentu yang memang menjadi pijakan dalam pelaksanaan ekonomi syariah,

Prinsip ekonomi syariah yaitu sebagai berikut:

1. Tauhid (Keesaan Tuhan). Sesuatu yang diperbuat di dunia nantinya akan di pertanggungjawabkan kepada Allah SWT.

2. Adl (Keadilan), Allah swt telah memerintahkan kepada manusia agar berbuat adil, yang dimana adil disini adalah dengan tidak menzalimi dan tidak dizalimi, yang pada hakikatnya manusia tidak boleh berbuat jahat kepada orang lain atau merusak alam agar memperoleh keuntungan.

Baca Juga: Bingung Bercocok Tanam Di lahan Sempit, Hidroponik Saja

3. Nubuwwah (Kenabian), setiap muslim diharuskan untuk meneladani sifat dari Nabi Muhammad Saw. Sifat-sifat yang perlu diteladani untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam bidang ekonomi yaitu: sidiq, Amanah, Fathanah, Tabligh.

4. Khilafah (Pemerintahan), dalam islam peranan yang dimainkan pemerintah terbilang kecil akan tetapi sangat vital dalam perekonomian. Peran utamanya adalah memastikan bahwa perekonomian suatu negara berjalan dengan baik tanpa distorsi dan telah sesuai dengan syariah.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 10A, Hp dengan Harga Rp 1 Jutaan

5. Ma'ad (Hasil), Imam Ghazali menyatakan bahwa motif para pelaku ekonomi adalah untuk mendapatkan keuntungan /propit/laba. Dalam islam ada laba/keuntungan/ di dunia dan keuntungan di akhirat.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Buku pengantar ekonomi syariah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah