Berkat BNI Pengrajin Mendong di Kota Tasikmalaya Bangkit, Bisa Berdayakan Masyarakat

- 2 Juli 2022, 12:55 WIB
Sejumlah karyawan sedang mengerjakan produksi UMKM
Sejumlah karyawan sedang mengerjakan produksi UMKM /Edi Mulyana/PRMN/priangantimurnews

PRIANGANTIMURNEWS - Di tengah situasi sulit akibat Pendemi Covid-19 yang telah berjalan lebih dua tahun lebih. Tidak sedikit para pengusaha yang gulung tikar.

Namun berbeda dengan pengusaha UMKM H.Zaenal Mutaqin (60) asal Pagergunung Kelurahan Singkup Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya masih teta berthn bahkan mampu memberdayakan masyarakat.

H.Zaenal pemilik perusahaan CV Mendong Jaya memproduksi hasil dari tani para petani seperti mendong dan pandan yang di buat sebagai prodak anyaman seperti tikar, baki dan ratusan produksi lainnya.

Baca Juga: Transfer Pemain: Xavi Khawatir, Dembele Bebas Transfer, Lewandoski Batal Gabung Barcelona

Sedikitnya ada 120-200 orang karyawan yang di berdayakan khususnya dari lingkungan setempat dan juga sekitarnya mampu menghasilkan produksi sebanyak 2 kontainer per bulan dan di ekspor ke pasar Amerika.

Diungkapkan salah satu pekerja yang bertanggungjawab dalam menjaga stok dan kualitas juga kuantitas prodak bernama Laila Wati (21) menyebut, bekerja sudah satu tahun setengah.

"Alhamdulilah meski di tengah pandemi Covid-19 kami tetap masih bisa bekerja dan dipekerjakan oleh pemilik CV Mendong Jaya H.Zaenal Mutaqin."kata, Laila.

Baca Juga: Pembelian Pertalite Lewat Mypertamina, Begini Pendapat Irto Ginting

Tambah, Laila kami juga dipekerjakan sebagai penanggungjawab untuk setok dan kualitas termasuk pengiriman mentah seperti tikar gabah 1500 meter dengan rata rata per satu gulung 10-22 meter per bulan.

Selain itu banyak lagi prodak unggulan lainy seperti baki berbagai motif sebanyak 4000 set per bulan dan prodak lainnya yang bisa mengekspor 2 kontainer per bulan.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah