Menkoinfo Dorong UMKM Gunakan Ruang Digital, Keamanan Siber Perlu Ditingkatkan

- 1 Juni 2022, 11:06 WIB
Menteri Kominfo RI  Jonny G. Plate
Menteri Kominfo RI Jonny G. Plate /

PRIANGANTIMURNEWS - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G.Plate menegaskan pemerintah perlu menyiapkan regulasi lebih ketat terutama terkait keamanan serangan siber.

Agar lebih banyak pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memanfaatkan dengan optimal infrastruktur ruang digital sehingga bisa maksimal mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Regulasi dan kebijakan dari para pemimpin diperlukan untuk tidak memberikan tempat atau ruang yang nyaman bagi pelaku-pelaku kriminal siber.

Baca Juga: 35 Link Twibbon Hari Lahir Pancasila Rabu 1 Juni 2022, Gratis dan Cocok Dibagikan di Media Sosial

Untuk itu, perlu ada regulasi yang kuat, adopsi teknologi yang canggih termasuk di dalamnya teknologi enkripsi yang memadai, dan tersedianya talenta-talenta yang dibutuhkan baik jumlah maupun kualitasnya.

Menurutnya, keberadaan UMKM di Indonesia menyumbang 60 persen PDB nasional. Maka dari itu pemerintah terus berupaya mendukung para pelaku UMKM untuk bisa berkembang meningkatkan usahanya, terutama terkait regulasi di ruang digital.

Dirinya mengatakan, ruang digital mulai banyak diadopsi ketika pandemi Covid-19 melanda, namun demikian masih banyak pelaku UMKM yang kebingungan dalam memproteksi serangan siber.

Baca Juga: KASUS SUBANG: Ada Apa Sebenarnya dengan Yoris, Kenapa Mundur dari Penasehat Hukum Rohman Hidayat?

"Di negara maju pun seperti Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Korea Selatan, banyak itu terjadi cyber attack maka seluruh pembuat kebijakan harus memastikan jangan membuka safe-heaven bagi kriminal siber ini, jangan! Tetapi yang perlu dilakukan adalah mengambil langkah-langkah yang tegas berupa aturan dan mengimplementasikannya," ujarnya Rabu 1Juni 2022.

Dirinya menyebutkan, bukan hanya di Indonesia, keamanan ruang siber harus digaungkan secara global.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x