Produk Kerajinan Tangan Perajin Mendong Purbaratu Tasikmalaya Tembus Pasar Ekspor ke Amerika

- 10 Desember 2022, 20:10 WIB
Produk para perajin dengan bahan baku mendong di Purbaratu Tasikmalaya
Produk para perajin dengan bahan baku mendong di Purbaratu Tasikmalaya /Edi Mulyana/Priangantimurnews/PRMN

PRIANGANTIMURNEWS - Produk ramah lingkungan menjadi andalan masyarakat di luar negeri termasuk Amerika. Salah satu yang saat sedang diekspor adalah hasil kerajinan mendong.

Peluang itulah yang dimanfaatkan oleh perajin anyaman mendong " Mendong Jaya di wilayah Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya Jawa Barat.

Purbaratu telah lama dikenal sebagai sentra petani dan perajin anyaman mendong.

Baca Juga: Pilih Kambing Pemabuk Menjadi Walikota, Inilah 3 Hewan yang Berhasil Menang Pemilu

Seiring perkembangan jaman, prodak lokal mendong dibuat tidak hanya untuk tikar tetapi juga untuk perlengkapan kebutuhan rumah tangga.

Perajin mendong selain memberikan manfaat ekonomi juga mampu menyerap ratusan tenaga kerja dari kalangan kaum milenial dan ibu rumah tangga.

"Saya belajar menjadi pengrajin mendong dari tahun 1994. Awalnya didistribusikan di lokal, awalnya saya bikin flash met."kata pemilik perusahaan CV Mendong Jaya, Zaenal Mutaqin Sabtu 10 Desember 2022.

Baca Juga: Sepelekan Argentina, Messi Geram dan Ejek Van Gaal dengan Selebrasi Riquelme

Sejalan dengan perkembangan jaman kita lebih mengembangkan ke inovasi developer produk, yang tadinya tikar digunakan hanya untuk alas duduk, alas tidur.

"Kemudian kita kembangkan ke yang baru seperti perlengkapan rumah tangga, dekoratif, atau style seperti tas dan lainnya."ujarnya.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x