BNI Dorong UMKM Pengrajin Mendong Abah Eje Kota Tasikmalaya

- 2 Juli 2022, 15:23 WIB
Karyawan sedang membereskan produk UMKM
Karyawan sedang membereskan produk UMKM /Edi Mulyana/PRMN/Priangantimurnews

PRIANGANTIMURNEWS - Sejak 1995 pengusaha kerajinan CV Mendong Jaya yang beralamat di Pegergunung Kelurahan Singkup Kecamatan Purbarata Kota Tasikmalaya Jawa Barat hingga kini masih tetap bertahan dan berjaya.

Kerajinan tikar mendong sudah menempel dengan Kota Tasikmalaya. Di tangan Zainal Muttaqin, kerajinan Mendong kini sudah mendunia sampai ke negara tetangga seperti Eropa.

Selain ke Eropa juga Amerika Serikat dan negara-negara di Asia Timur, yakni Jepang dan Korea Selatan.

Baca Juga: Lirik Lagu Di Atas Normal, Remake Terbaru Dari Band NOAH : Pikiranku Tak Dapat Kumengerti

Tentu ekspor kreativitas dan ketekunan pria yang kerap disapa Abah Eje itulah, sejak tahun 1995 hingga kini produk kerajinan mendong berkualitas tinggi seperti dekorasi rumah, perhotelan, stationary, dan aksesoris hotel eksis di pasar global.

Bagi masyarakat sekitar Kampung Pagergunung yang menjadi lokasi bengkel Abah Eje, tanaman mendong yang biasa tumbuh liar di persawahan itu kini menjadi sumber penghidupan mereka.

Bagaimana tidak, bengkel Abah Eje sedikitnya membutuhkan satu ton tanaman mendong per bulan, dimana seluruh posokannya dicukupi oleh para petani setempat.

Baca Juga: Persib Bandung Tak Lolos di Perempat Final Piala Presiden 2022, Robert Alberts: Petik Hikmahnya, Ada Lebih

Sebuah berkah tersendiri bagi masyarakat Kampung Pagergunung Kota Tasikmalaya.

Tanaman mendong yang diproduksi Abah Eje bukan saja diperuntukan bagi pengembangan lahan pertanian tetapi juga bermanfaat besar terhadap peningkatan ekonomi dan kesejahteraan warga Desa Pagergunung.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah