Benarkah Indonesia Resesi 2023? Ini Penyebab, Dampak, dan Hal yang Harus Dipersiapkan Tahun Depan

- 15 Desember 2022, 12:10 WIB
5 Cara Menghadapi Resesi Ekonomi 2023, Jangan Panik dan Segera Lakukan Hal Berikut
5 Cara Menghadapi Resesi Ekonomi 2023, Jangan Panik dan Segera Lakukan Hal Berikut /Tangkapan layar Youtube Dr. Indrawan Nugroho

PRIANGANTIMURNEWS- Tahun 2023 dunia terancam resesi ekonomi. Mulai dari para pejabat, pengamat ekonomi, hingga influencer media sosial bersuara sama bahwa tahun 2023 adalah awal dari kehancuran ekonomi dunia.

Presiden Indonesia, Joko Widodo menyebut perekonomian dunia di tahun 2023 akan gelap atau terjadi resesi ekonomi global. Inflasi tinggi adalah salah satu penyebab dari resesi ini.

Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani juga mengingatkan hal serupa. Ia memprediksi tahun depan ekonomi dunia akan jatuh pada jurang resesi.

Baca Juga: Diperingati Setiap Tanggal 22 Desember, Ini Sejarah Hari Ibu Atau Mother's Day

Selain itu, hal senada juga disampaikan oleh Gubernur Bank Indonesia yang menuturkan bahwa aktivitas perekonomian Global melambat.

Secara sederhana resesi diartikan sebagai suatu kondisi ketika perekonomian suatu negara memburuk, pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB)-nya negatif, pengangguran meningkat.

IMF dalam konteks tahun 2023 memberikan peringatan. Menurut mereka di tahun 2023 resesi ekonomi bisa dialami banyak negara.

Baca Juga: Sering Merasa Lelah Saat Bangun Pagi? Hati-Hati, Mungkin Anda Mengalami Ini

Dalam laporannya IMF memangkas proyeksi pertumbuhan Global pada tahun 2023 dari 3,8% pada Januari menjadi 2,7%.

Halaman:

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah