Desa Tanjungjaya Tasikmalaya Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Melalui Pertanian Hidroponik

- 23 Juli 2023, 20:05 WIB
Seorang petani hidroponik sedang memeriksa tanaman selada di lahan pertanian di Tanjungpura Kabupaten Tasikmalaya/Edi Mulyana/Priangantimurnews
Seorang petani hidroponik sedang memeriksa tanaman selada di lahan pertanian di Tanjungpura Kabupaten Tasikmalaya/Edi Mulyana/Priangantimurnews /

PRIANGANTIMURNEWS - Desa Tanjungpura Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat memiliki potensi di bidang pertanian.

Desa Tanjungpura dengan jumlah penduduk kurang lebih 4.120 jiwa, 1232 KK, memiliki ragam keahlian, termasuk ahli tani, buruh tani, pedagang dan lainnya.

Diketahui Desa Tanjungpura memiliki luas lahan hujan 30 hektare. Dari jumlah itu seluas 3 hektare digunakan untuk lahan holtikultural yang ditanami tanaman dengan 100 lubang.

Baca Juga: Ratusan Mahasiswa Pertanian Unsil Datangi Pemkot Tasikmalaya, Ini Tuntutannya

"Potensi yang dimiliki didominasi oleh sektor pertanian, mulai perikanan, peternakan budi daya ikan, sayuran salad hidroponik dan juga lumbung padi hingga produksi,"kata Kepala Desa Tanjungpura Ujang Hartono Minggu 23 Juli 2023.

Selain itu potensi yang ada adalah peternakan, pengolahan sampah dari hulu ke hilir, pengembangan pertanian hortikultura hidroponik, perikanan dan lainnya.

Omset dari sektor ini  masih di bawah satu milyar, sekarang berada di angka 800 juta lebih. Namun semua ini tidak menyurutkan kami bersama kelompok maupun masyarakat untuk terus berkarya membangun perekonomian masyarakat.

"Bicara soal dampak jelas mendorong ekonomi masyarakat dan juga memberikan kontribusi terhadap PAD dan alhamdulilah ini sudah berjalan selama 3 tahun,"ujar Ujang.

Baca Juga: Belasan Ekor Sapi Bagi Peternak di Sumedang dari Kementerian Pertanian, Diambil Alih Ngaku dari Ormas

Untuk mengembangkan sektor  perekonomian, pertanian masyarakat kita juga bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) dan Al-Azhar, juga Universitas Siliwangi.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x