9 Makanan Yang Dapat Mencegah Kanker, Mudah di Dapat Seperti Sayuran Hijau

- 6 Januari 2021, 09:14 WIB
Sayur-sayuran
Sayur-sayuran /Pixabay/
 
PRIANGANTIMURNEWS- Informasi mudah tersebar luas, banyak beredarnya pengetahuan tentang manfaat makanan sampai penyembuhan penyakit.
 
Sudah saatnya mengetahui manfaat makanan yang saat ini dikonsumsi. Kandungan nutrisi dan vitamin didalamnya wajib diketahui.
 
Adapun makanan yang dikaitkan dengan pengurangan penyakit, seperti kanker.
 
 
 
Makanan-makanan ini bisa mencegah kanker, melawan sel kanker dan mengurangi pertumbuhan tumor.
 
Mengonsumsi makanan anti kanker menjadi salah satu cara penting yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kanker. Peneliti menemukan makanan tertentu mungkin akan sangat membantu untuk melindungi anda dari kanker.
 
Kemungkinan Anda terkena kanker juga dipengaruhi oleh gaya hidup yang Anda jalani. Ubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Berikut 9 makanan terbaik yang bisa menghambat dan mencegah kanker.
 
 
1. Sayuran Berdaun Hijau
 
Sayuran berdaun hikau seperti bayam dan selada merupakan sumber antioksidan, betakaroten dan lutein yang baik. Sebuah studi menyebut biomolekul dalam makanan ini dapat mengurangi munculnya sel kanker.
 
2. Tomat
 
Tomat mengandung likopen dan fitokimia yang diketahui dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker endrometrium. Anda bisa memakan langsung atau menambahkan tomat dalam makanan. 
 
3. Bawang Putih
 
Bawang putih mengandung zat kimia tertentu yang dikaitkan dengan penghentian perkembangan karsinogen di perut. Ini bisa menghentikan sel-sel kanker dalam tubuh.
 
4. Wortel
 
Wortel mengandung beta karoten tinggi yang dikaitkan dengan penurunan resiko dan pertumbuhan kanker pada berbagai jenis kanker. Wortel adalah salah satu jenis makanan terbaik yang bisa menghentikan pertumbuhan sel kanker.
 
 
5. Anggur
 
Anggur mengandung anti oksidan kuat dan resperatrol dalam jumlah tinggi. Ini dapat menghambat enzim penstimulasi sel kankerdalam tubuh.
 
6. Produk Kedelai
 
Kedelai mengandung genistein yang mampu menghalangi pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Termasuk juga produk olahan kedelai seperti tempe dan tahu. 
 
7. Ubi Jalar
 
Kandungan zat di dalam ubi jalar sangat kompleks, ubi jalar banyak mengandung sifat anti kanker. Ubi jalar mengandung beta karoten yang mampu melindungi dan mencegah munculnya sel kanker
 
8. Kunyit
 
Kunyit mengandung kurkumin yang mampu memperlamabat penyebaran sel kanker. Kunyit juga dapat mengecilkan sel tumor
 
9. Lemon
 
Lemon mengandung senyawa kuat. Dosis hariannya mampu mengurangi resiko kanker mulut, kanker tenggorokan dan kanker perut hingga separuhnya.*** I GA Putu Yuliani Dewi/ Ringtimes Bali

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Ringtimes Bali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x