Turunkan Kolestrol, Konsumsi Keju Kambing Hingga 6 Manfaat Didalamnya

- 5 Januari 2021, 20:16 WIB
Keju Kambing
Keju Kambing /Pixabay/
PRIANGANTIMURNEWS- Tidak banyak orang tahu manfaat keju kambing yang dahysat. Keju Kambing merupakan kandungan keju tersehat di dunia. Lemak sehat, protein tinggi dan rendah kalori dibandingkan semua jenis keju lainnya.
 
Sebagaimana dilansir Priangan Timur News dari Fix Indonesia, '6 Manfaat Keju Kambing, Salah Satunya Dapat Menurunkan Kolestrol'
 
Keju kambing juga dikenal  sebagai  chèvre yang terbuat dari susu kambing yang memiliki tekstur lembut, rasa tajam, dan mengandung banyak nutrisi.
 
 
Semua jenis keju kambing sarat dengan nutrisi penting seperti lemak sehat, protein, vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B2, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, tembaga, seng dan selenium.
 
Keju kambing bisa digunakan sebagai alternatif bagi Anda, karena mengandung protein berkualitas tinggi yang mudah dicerna, lebih sedikit laktosa dan tidak menyebabkan alergi.
 
Berikut sejumlah manfaat keju kambing bagi kesehatan, antara lain:
 
Menurunkan Kolesterol
 
Keju kambing secara alami diperkaya dengan asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) yang meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan inflamasi.
 
 
Sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa orang yang kelebihan berat badan dan obesitas dengan risiko penyakit kardiovaskular yang setiap hari mengonsumsi 60 g keju kambing selama 12 minggu secara signifikan meningkatkan kolesterol HDL (baik).
 
Studi lain menunjukkan bahwa keju kambing efektif dalam menurunkan berat badan, BMI dan lingkar pinggang pada orang yang kelebihan berat badan dan obesitas.
 
Mendukung Kesehatan Tulang
 
Keju kambing merupakan sumber mineral penting seperti kalsium, fosfor dan tembaga yang dibutuhkan tubuh untuk membangun tulang yang kuat dan sehat.
 
Kalsium adalah mineral penting yang membantu membangun tulang yang sehat dan menurunkan risiko osteoporosis.
 
Fosfor adalah mineral penting lainnya yang bekerja dengan kalsium dalam tubuh Anda untuk menjaga tulang tetap sehat dan kuat.
 
Tembaga adalah trace mineral penting yang diketahui memainkan peran utama dalam kesehatan dan pemeliharaan tulang.
 
Meningkatkan Kesehatan Usus
 
Konsumsi keju kambing telah dikaitkan dengan usus yang sehat karena mengandung berbagai macam probiotik termasuk L. plantarum dan L. acidophilus.
 
Probiotik adalah bakteri baik yang membantu menjaga kesehatan usus dan mencegah masalah pencernaan.
 
Mengurangi Jerawat
 
Keju kambing mengandung asam kaprat yang telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri.
 
Penelitian pada hewan dan penelitian tabung reaksi telah menemukan bahwa asam kaprat efektif dalam melawan P. acnes, sejenis bakteri yang menyebabkan jerawat pada kulit.
 
Mudah Dicerna
 
Keju kambing adalah pilihan yang baik untuk orang yang tidak dapat mencerna laktosa atau alergi terhadap keju sapi karena keju kambing memiliki struktur protein yang berbeda dan juga secara alami lebih rendah laktosa dibandingkan keju sapi.
 
Selain itu, keju kambing mengandung A2 kasein, yaitu sejenis protein yang tidak menyebabkan peradangan dan kurang alergi dibandingkan kasein A1, sejenis protein yang banyak ditemukan pada keju sapi, sehingga mengonsumsi keju kambing lebih kecil kemungkinannya menyebabkan gangguan pencernaan dan membuatnya lebih mudah mencerna. *** Firda Najmi Amaludin / Fix Indonesia

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Fix Indonesia PRMN


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x