Bawang Putih, Bau Menyengat Tapi Punya Banyak Manfaat Bagi Tubuh

- 22 Januari 2021, 11:19 WIB
Bawang putih.
Bawang putih. /PIXABAY/Manfred Richter

PRIANGANTIMURNEWS- Bawang putih tak asing lagi bagi anda semua. Rempah-rempah dengan nama latin Allium Sativum ini, selain sebagai salah satu bumbu masakan juga miliki banyak manfaat.

Bawang putih memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat dari bawang putih :

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat bawang putih juga dapat melindungi penderita diabetes dan kardiomiopati (penyakit kronis pada otot jantung). Fakta ini didapat dari sebuah riset yang dipublikasikan dalam journal of Agricultural and Food Chemistry.

2. Menurunkan Risiko Osteoartritis

Selain untuk kesehatan jantung, bawang putih juga bermanfaat untuk menurunkan risiko Osteoartritis atau peradangan kronis pada sendi akibat kerusakan pada tulang rawan.

Sebuah studi mengenai hal ini sudah dilakukan di King's College London dan University Of East Anglia. Penelitan menyebutkan, seorang wanita yang secara rutin mengkonsumsi bawang putih dalam menu harian, akan mengurangi risiko Osteoartritis.

3. Mengurangi Risiko Kanker Paru

Bawang putih atau Allium Sativum juga memiliki manfaat lainya, diantaranya mengurangi risiko kanker paru. Jika anda gemar mengkonsumsi bawang putih mentah, kebiasaan tersebut sangatlah bagus.

Menurut riset yang dipublikasikan dalam jurnal Cancer Prevention Research, manfaat bawang putih dengan dimakan secara mentah berhubungan dengan penurunan risiko kanker paru. Studi yang dilakukan di Jiangsu Provincial Center of Disesae Control Prevention menemukan, seseorang mengkonsumsi bawang putih mentah dengan minimal dua kali dalam seminggu, mengalami penurunan risiko kanker paru sebanyak 44 persen.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x