Tak Perlu Panik Saat Anak Demam di Masa Pandemi

- 30 Januari 2021, 21:45 WIB
ilustrasi cara merawat saat  anak demam
ilustrasi cara merawat saat anak demam /pikiran rakyat/pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS - Demam tinggi pada anak dapat membuat semua orang tua khawatir dan panik, apalagi di tengah masa pandemi dan musim hujan seperti saat ini. Kekhawatiran orang tua terhadap anak semakin menjadi dengan berbagai asumsi.

Namun, jangan sampai panik, tetaplah tenang agar mampu membantu mengatasi demam pada anak dengan lebih baik. Suhu normal anak adalah 36,5–37,5 derajat Celcius, dan dapat dianggap mengalami demam ketika suhunya meningkat sampai lebih dari 38 derajat Celcius.

Demam pada anak dapat disebabkan oleh banyak hal, namun bukan berarti harus langsung ditangani dengan obat. Demam merupakan mekanisme alami tubuh dalam melawan infeksi. Munculnya demam pada anak menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh anak sedang bekerja untuk memerangi flu atau infeksi lain.

Baca Juga: Sepatu Cepat Kotor, Ini Tips Merawat Sepatu di Musim Hujan

Demam terjadi ketika otak memberi perintah untuk meningkatkan suhu tubuh. Hal ini diperlukan guna mengarahkan sel-sel darah putih melawan virus dan bakteri yang mengganggu tubuh. Ada beberapa penyebab demam tinggi pada anak yang perlu diketahui, yaitu:

1. Infeksi
Infeksi yang sering kali menjadi penyebab anak menderita demam tinggi adalah infeksi akibat bakteri dan virus. Penyakit yang dapat menyebabkan demam tinggi pada anak, antara lain adalah flu, roseola, radang amandel, infeksi telinga, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), infeksi ginjal, infeksi saluran kemih (ISK), cacar air, dan batuk rejan.

2. Pakaian dan Suhu Lingkungan
Tidak hanya infeksi, demam juga bisa menyerang anak jika terlalu lama beraktivitas di luar ruangan saat cuaca panas. Demam juga dapat terjadi ketika anak menggunakan baju yang terlalu tebal. Kondisi ini biasanya dialami oleh bayi, terutama bayi baru lahir. Dianjurkan untuk memakaikan bayi pakaian tebal hanya jika suhu udara memang dingin.

Baca Juga: Tips Agar Tidak Mudah Tertipu, Cek Fakta Melalui Jabar Saber Hoaks

3. Efek Imunisasi
Sebagian anak dan bayi juga dapat mengalami demam setelah imunisasi. Biasanya demam yang dialami tergolong ringan. Tanyakanlah kepada dokter yang memberikan imunisasi, mengenai penanganan yang mungkin dibutuhkan bila anak demam setelah imunisasi.

Cara Mengatasi Demam Tinggi pada Anak

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x