Sepatu Cepat Kotor, Ini Tips Merawat Sepatu di Musim Hujan

- 30 Januari 2021, 21:22 WIB
ilustrasi cara rawat sepatu
ilustrasi cara rawat sepatu /ade2.com/

PRIANGANTIMURNEWS - Sepatu basah dan tidak pernah dirawat, tak hanya dapat menimbulkan bau tidak sedap, tetapi akan menjadi sarang bagi bakteri. Sepatu pun akan mudah rusak. Apalagi jika musim penghujan, tentu kondisi sepatu akan semakin kotor.

Bagi yang sering beraktivitas di luar ruangan, sepatu basah akibat terkena hujan menjadi hal yang sudah biasa dialami.
Dalam merawat sepatu, tidak melulu harus rajin dicuci, tetapi cara penyimpanan pun akan mempengaruhi daya tahan dari sepatu tersebut.

Baca Juga: Plh. Bupati Pangandaran Kusdiana: Pelanggar Prokes Bisa Didenda Rp20.000

Karena bahan sepatu bisa berbeda, maka perawatannya pun berbeda. Berikut cara merawat sepatu yang sering terpapar air hujan agar tak mudah rusak dan tetap nyaman saat dipakai:

1. Waktu untuk membersihkan
Untuk sepatu yang hanya basah akibat kehujanan atau menerjang banjir, bisa segera dibersihkan dan dikeringkan. Namun, bila sepatu juga terkena cipratan lumpur atau tanah yang cukup tebal, baiknya bersihkan keesokan hari.

Pasalnya, tanah dan lumpur yang masih basah dapat mengotori bagian sepatu yang bersih. Saat lumpur atau tanah sudah mengering, kotoran dapat lebih mudah dibersihkan ketimbang saat kotoran masih dalam kondisi basah.

Baca Juga: 4 Destinasi Wisata yang Dapat Dikunjungi Saat Weekend ke Pangandaran

2. Sikat kering
Bila tumpukan tanah dan lumpur pada sepatu sudah mulai kering, bersihkan kotoran menggunakan sikat kering. Setelah tak ada lagi tumpukan tanah atau lumpur pada permukaan sepatu, barulah bersihkan sepatu secara menyeluruh dengan air dan sabun.

3. Gunakan sabun
Genangan atau cipratan air hujan umumnya sudah terkontaminasi bakteri. Bila sepatu hanya dibersihkan dengan air, ditakutkan bakteri berkembang biak dan menyebabkan sepatu menjadi bau saat kering. Jadi, gunakan sabun khusus sepatu atau gunakan sabun mandi guna membasmi bakteri.

4. Sesuai bahan
Selain menggunakan sabun yang tepat, pastikan alat yang digunakan untuk membersihkan sepatu sudah sesuai dengan bahan agar sepatu tak mudah rusak. Berikut cara membersihkan sepatu sesuai bahan:

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x