Kamu Harus Tahu, Danpak Pernikahan Dini Bagi Kesehatan Dimulai dari Gangguan Fisik Hingga Mental

- 24 Februari 2021, 22:24 WIB
Seorang wanita sedang mengalami stres.
Seorang wanita sedang mengalami stres. /Pexals/

PRIANGANTIMURNEWS- Di Indonesia kasus pernikahan dini semakin memperhatinkan. Menurut The United Nations Children's Fund (UNICEF) pada tahun 2013, Indonesia menjadi negara dengan angka perkawinan anak tertinggi ketujuh di dunia.

Kemudian, menurut Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2015, sebanyak 1 dari 4 anak perempuan di bawah usia 18 tahun pernah menikah. Kemudian, pada tahun 2017, sebanyak 2 dari 5 anak perempuan usia 10–17 tahun pernah menikah.

Angka tersebut menunjukkan bahwa Indonesia masih perlu menaruh perhatian lebih pada kasus pernikahan usia dini.

Baca Juga: Suguhkan Pesona Alam Kebun Teh, Pilih Taraju atau Bukit Kacapi?

Pernikahan dini secara umum dipengaruhi oleh beberafa faktor. Yaitu faktor ekonomi, tingkat Pendidikan yang kurang, faktor adat, pengaruh media masa, dan kondisi-kondisi tertentu seperti kehamilan diluar nikah.

Pernikahan dini akan menimbulkan dampak negatif bagi Kesehatan pasangan. Berdasarkan Laporan Kajian Perkawinan Usia Anak di Indonesia, tingginya angka pernikahan usia dini dapat meningkatkan risiko kematian ibu dan bayi. Selain itu, pernikahan usia dini juga dapat menimbulkan dampak bagi kesehatan anak-anak mereka di kemudian hari.

Jika dilihat dari segi kesehatan fisik perempuan, organ reproduksi pada perempuan di bawah usia 20 tahun belum matang dengan sempurna. Perempuan yang melakukan aktivitas seksual di bawah usia 20 tahun dapat berisiko menimbulkan berbagai penyakit, seperti kanker serviks dan kanker payudara.

Baca Juga: 7 Makanan Mudah dan Sehat untuk Menu Sarapan, Roti Bakar Favorit Warga Indonesia

Bukan hanya itu, kehamilan di bawah usia 20 tahun dapat menimbulkan resiko pendarahan, anemia, pre-sklampsia hingga menyebabkan keguguran.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x