Kekurangan Volume, Ada Kelebihan Bayar Puluhan Proyek Fisik Capai Miliaran Rupiah

- 24 Februari 2021, 21:58 WIB
Tampak sejumlah alat berat dan pekerja tengah menyelesaikan pekerjaan jalan dan jembatan, Rabu, 23 Desember 2020
Tampak sejumlah alat berat dan pekerja tengah menyelesaikan pekerjaan jalan dan jembatan, Rabu, 23 Desember 2020 /Priangan Timur News/AGUS/

PRIANGANTIMURNEWS- Proyek pembangunan infrastruktur di Kabupaten Pangandaran tahun anggaran 2020 perlu di evaluasi.

Pasalnya banyaknya proyek yang mengalami kekurangan volume sehingga terjadi kelebihan pembayaran hingga mencapai miliaran rupiah dengan nilai yang beragam.

Dalam dokumen ikhtisar hasil pemeriksaan kepatuhan atas belanja modal dan barang/jasa tahun 2020, setidaknya ada 30 kegiatan atau proyek yang dinyatakan kekurangan volume atau kelebihan pembayaran. Bahkan beberapa diantaranya ada yang dinyatakan tidak sesuai dengan spesifikasi teknis.

Baca Juga: Transaksi Digital Menjadi Trending di Tengah Pandemi, Nggak Perlu Repot Keluar Rumah

Nilai kekurangan volume pekerjaan itu pun beragam, mulai dari jutaan rupiah bahkan ada yang sampai ratusan juta rupiah. Namun yang jelas mayoritas proyek yang mengalami kekurangan volume itu digawangi oleh Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPUTRPRKP) Kabupaten Pangandaran.

Secara akumulatif, total kekurangan volume pekerjaan di Dinas PU Kabupaten Pangandaran mencapai miliaran rupiah, yang terbagi dalam puluhan proyek. Mayoritas adalah proyek pembangunan jalan, meski diantaranya ada pula proyek jasa konsultasi.

Selain Dinas PU, ada pula pekerjaan di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran yang juga mengalami kekurangan volume atau kelebihan pembayaran. Jumlahnya pun lumayan besar yang terbagi dalam beberapa kegiatan penataan kawasan wisata di Pangandaran.

Baca Juga: Gubernur Jabar Ridwan Kamil Dampingi Presiden Jokowi, Persiapkan Pembangunan Tanggul Yang Jebol

Dihubungi terpisah Inspektur pada Inspektorat Daerah Kabupaten Pangandaran Apip Winayadi menjelaskan, setidaknya ada dua faktor yang menjadi penyebab kasus kekurangan volume pekerjaan atau kelebihan pembayaran proyek.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x