Budayakan Membaca dan Menulis Sejak Dini, Para Pendidik Wajib Tahu

- 29 Maret 2021, 22:59 WIB
Ilustrasi seorang anak sedang membaca buku.
Ilustrasi seorang anak sedang membaca buku. /Pexels/

PRIANGANTIMURNEWS- Membaca dan menulis merupakan salah satu hal terpenting dalam dunia kependidikan dan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap manusia.

Membaca dan menulis ibarat dua mata koin yang tidak bisa dipisahkan, masing-masingnya memiliki keterikatan satu sama lain.

Di sekolah baik itu sekolah formal maupun non formal seperti les yang pertama dilakukan dalam prose pembelajaran adalah mengajarkan bagaimana cara membaca dan bagaimana cara menulis.

Peserta didik dituntut harus bisa membaca dan menulis terlebih dahulu sebelum mengenal ilmu-ilmu pengetahuan lainya. Bahkan, anak-anak yang masih berusia 4-5 tahun sudah diajarkan membaca dan menulis meskipun hanya sebatas satu-dua kata saja.

Baca Juga: Macam-Macam Air Suci yang Menyucikan Hadats dan Najis, Kamu Harus Tahu

Membudayakan baca dan tulis sejak dini sangat dianjurkan, sebab perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi saat ini memberlakukan demikian.

Seperti dilansir priangantimurnews dari beberapa sumber mengatakan budayakan membaca dan menulis sejak dini bisa dilakukan dengan berbagai cara, serta pendidik wajib tahu, di antaranya adalah :

Pertama, Ajarkan anak-anak mengenali huruf dan menulis huruf. Pada awal pembelajaran membaca dan menulis, anak-anak harus mampu mengenali apa itu huruf dan bagaimana cara menulis bentuk huruf tersebut.

Di era perkembangan teknologi saat ini, mengenali huruf bisa dilakukan dengan melihatnya secara langsung di media sosial dengan cara tutorial. Si anak tinggal menonton dan menirukan huruf-huruf.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x