5 Perbedaan Kata Simpati dan Empati dalam Kehidupan Sehari-Hari

- 22 Desember 2021, 19:47 WIB
Ilustrasi empati.
Ilustrasi empati. /Pixabay.com

PRIANGANTIMURNEWS- Semua orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah simpati dan empati dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, apakah kamu sudah tahu apa pengertian keduanya? yuk simak penjelasannya!

Simpati dan Empati merupakan dua istilah yang memiliki kedekatan makna. Keduanya merupakan hal penting bagi manusia sebagai makhluk sosial.

Meski sama-sama berkaitan dengan perasaan, masih banyak orang yang keliru memahami arti simpati dan empati dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Ketentuan Pemakaian Vitamin B2 Yang perlu Kita Ketahui

Berikut 5 perbedaan istialh Simpati dan Empati

1. Pengertian Simpati dan Empati
Berdasarkan pengertiannya, simpati merupakan sikap untuk peduli atau merasa iba pada orang lain. Orang yang bersimpati dapat terlibat dan akan menganggap bahwa apa yang terjadi merupakan persamaan nasib sehingga memunculkan sikap saling mendukung. Sementara empati merupakan sebuah sikap di mana seorang individu mampu merasakan apa yang orang lain rasakan. Empati membuat seseorang merasa mampu berada dalam posisi orang lain. Sikap empati ini biasanya ditunjukkan dengan sikap penerimaan saat menghadapi orang lain yang sedang mengalami permasalahan. Permasalahannya pun bisa beragam, seperti keuangan, merasa stres dengan pekerjaan atau lainnya.

Baca Juga: Indah Hamil, Toni Datang Bawa Kertas Perceraian , Sinopsis Tersanjung The Series Episode 5

2. Sikap Simpati Dan Empati
Karena bersifat rasa sedih atau iba, perasaan simpati biasanya tidak terlalu mendalam. Seseorang mungkin bisa ikut bersedih dengan apa yang dialami orang orang lain tetapi mereka tidak terlalu terlibat dalam kesedihan itu. Simpati biasanya hanya menunjukkan sikap prihatin terhadap apa yang orang lain rasakan. Berbeda dengan simpati, sikap empati cenderung lebih mendalam. Seseorang yang berempati akan lebih merasakan kesedihan orang lain dan tahu apa yang orang lain rasakan saat berada dalam situasi tersebut. Sikap empati juga biasanya erat sekali dengan kemauan seseorang untuk menolong orang lain.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x