Cara Ampuh Menghilangkan Stres menurut Islam, Amalkan Anda Akan Mengalami Hal Ini

- 12 Januari 2022, 06:11 WIB
Ilusctrasi orang stres, Ini ara Ampuh Menghilangkan Stres menurut Islam
Ilusctrasi orang stres, Ini ara Ampuh Menghilangkan Stres menurut Islam / Pexels/

PRIANGANTIMURNEWS- Setiap orang pasti pernah merasakan stres akibat dari pekerjaan, sebuah tuntutan, kehilangan seseorang yang dicintai, banyak hutang dan lain-lain.

Ketika sedang merasakan stres, terkadang susah untuk berpikir lebih jernih dan bijak juga akan sulit untuk menemukan solusi. Kadang stres berat akan menyebabkan seseorang mudah depresi, menarik diri dari lingkungan dan kehilangan nafsu makan. 

Akibatnya, kesehatan yang dimiliki juga akan menurun.  Setiap kali ketika ada masalah pasti selalu ada jalan keluarnya, karena percayalah bahwa Allah SWT setiap kali memberikan ujian pada hamba-Nya pasti ada solusi, termasuk dalam menghadapi stres.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Sagitarius Hari ini Rabu 12 Januari 2022: Mulai dari Kehidupan, Asmara, Kesehatan dan Karir

Sebagaimana dalam firman Allah SWT, yang berbunyi : Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih  hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu  orang-orang yang beriman.” (Q. S. Ali ‘Imron : 139). Berikut beberapa cara menghilangkan stres menurut islam:

1. Salat untuk menghilangkan stres
Menjadi media kita dalam berkomunikasi kepada Allah SWT, dengan mengerjakan salat fardhu maupun sunah dapat membantu kita untuk menjaga ketentraman hati sehingga jika hati tenang dan tenteram akan mampu mengatasi segala permasalahan emosional yang sedang dirasakan.

Salat menjadi obat berbagai penyakit sekaligus juga menjadi penolong. Seperti dalam firman Allah SWT, yang artinya : Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai  penolongmu, Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah : 153).

Baca Juga: Jadwal Acara TV RCTI pada Hari Ini, Rabu 12 Januari 2022, Ada Ikatan Cinta dan Amanah Wali


2. Berdzikir dan berdoa
Berdzikir dan berdoa juga dapat menjadi media komunikasi kita dengan Allah SWT. Dengan berdzikir, selalu mengingat-Nya akan membuat hati menjadi tenang.

Sebagaimana firman-Nya, yang artinya : “Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-Ra’d : 28). Selain berdzikir, berdoa juga dapat menjadi obat untuk stres. Dengan kita melakukan doa untuk berkomunikasi dan curhat kepada Allah tentang apapun yang sedang dirasa akan dapat memberikan kita kekuatan dan ketenangan hati.

3. Ikhlas sebagai dasar niat
Membiasakan untuk menanamkan keikhlasan pada diri sendiri, karena segala perbuatan yang kita lakukan dan kita dapatkan itu semua dari ketentuan Allah SWT, sementara kita hanya mampu untuk berencana dan mengusahakannya.

Tidak lupa juga semua perbuatan kita untuk diniatkan dengan ikhlas demi mengharap ridha, maka apapun hasil yang diperoleh InsyaAllah tidak akan membuat stres.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: orami


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah