Mulianya Orang yang Punya Sifat Pemaaf

- 14 April 2022, 11:13 WIB
 Ilustrasi saling memaafkan./freepik
 Ilustrasi saling memaafkan./freepik /

RIANGANTIMURNEWS - Pemaaf berarti orang yang rela memberi maaf kepada orang lain. Sikap pemaaf berarti sikap suka memaafkan kesalahan orang lain tanpa sedikit pun ada rasa benci dan keinginan untuk membalasnya.

Dalam bahasa Arab sikap pemaaf disebut al-„afw yang juga memiliki arti bertambah (berlebih), penghapusan, ampun, atau anugerah.

Rasulullah SAW bersabda: "Sedekah tidaklah mengurangi harta. Dan tidaklah Allah SWT menambahkan kepada seorang hamba sifat pemaaf melainkan akan semakin membuatnya mulia. Dan juga tidaklah seseorang memiliki sifat tawadhu' (rendah hati) karena Allah, melainkan Allah akan meninggikannya." (HR. Muslim, no. 2588).

Baca Juga: Sudah Dibuka! Ini Cara dan Syarat Daftar Lowongan Kerja BUMN 2022

Memaafkan adalah amalan yang sangat mulia ketika seseorang mampu bersabar terhadap gangguan yang ditimpakan orang kepadanya, serta memaafkan kesalahan orang tersebut padahal ia mampu untuk membalasnya. Gangguan itu bermacam-macam bentuknya. Adakalanya berupa cercaan, pukulan, perampasan hak, dan lain-lain.

Orang yang pemaaf dan tidak mau membalas kepada orang yang berbuat jahat kepadanya dipuji oleh Rasulullah SAW, dalam hadis saat beliau memberikan wasiat pada Jabir bin Sulaim.

 "Jika ada seseorang yang menghinamu dan mempermalukanmu dengan sesuatu yang ia ketahui ada padamu, maka janganlah engkau membalasnya dengan sesuatu yang engkau ketahui ada padanya. Akibat buruk biarlah ia yang menanggungnya." (HR. Abu Daud, no. 4084; Tirmidzi, no. 2722).

Baca Juga: Hasil Akhir Atletico Madrid vs Manchester City: Pertandingan Penuh Ketegangan Terjadi Antara Kedua Tim

Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhu mengatakan, "Allah memerintahkan kepada orang yang beriman untuk bersabar ketika ada yang membuat marah, membalas dengan kebaikan jika ada yang berbuat jahil, dan memaafkan ketika ada yang berbuat jelek.

Jika setiap hamba melakukan semacam ini, Allah SWT akan melindunginya dari gangguan setan dan akan menundukkan musuh-musuhnya. Sehingga yang awal bermusuhan bisa menjadi teman dekatnya karena tingkah laku baik semacam ini".

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: instagram @manjaddawajadashop


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x