Inilah Tingkat Kehidupan Mental Manusia dalam Pandangan Psikoanalisa, Wajib Tahu!

- 5 Juni 2022, 16:34 WIB
Tingkat mental manusia.
Tingkat mental manusia. /instagram @semangatjadipebisnis

PRIANGANTIMURNEWS- Manusia terbentuk karena banyak struktur di dalamnya.

Jika kondisi fisik manusia bisa terlihat oleh mata, beda hal lagi kondisi psikisnya. Ada beberapa tingkat kehidupan mental yang tersusun.

Bagaimana pandangan Psikoanalisa dalam menggambarkan tingkat kehidupan mental ini?

Psikoanalisa merupakan teori kepribadian yang terkenal diantara teori kepribadian lainnya. Psikoanalisa sendiri di gagas oleh Sigmund Freud.

Pemahaman Freud terhadap kepribadian manusia didasarkan pada pengalaman dengan pasien-pasiennya. Dalam pandangan psikoanalisa terdapat tiga tingkatan kehidupan mental manusia.

Baca Juga: Tiket Masuk Candi Borobudur Naik Drastis, TWC:Tiket 750 Ribu Untuk yang Naik ke Candi, Reguler Tetap 50 Ribu

Pertama, alam tidak sadar. Disini merupakan tempat bagi segala bentuk dorongan, desakan maupun insting yang tidak kita sadari. Tapi bisa mendorong perkataan, perasaan, dan tingkah laku kita.

Karena alam tidak sadar ini tidak bisa diterima oleh pikiran sadar manusia. Maka, keberadaan alam tidak sadar ini hanya bisa dibuktikan tidak secara langsung. Sebagai contohnya ketika anda sedang tertidur pulas, tidak inget dengan kejadian di sekitar anda.

Kedua, Alam bawah sadar. Di dalam ini berisi semua elemen yang tidak disadari, tapi bisa muncul dalam kesadaran dengan cepat atau agak sulit (Freud, 1933/1964).

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Theories of Personality


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah