Baik Bagi Kesehatan Apalagi Luka Sesudah Operasi, Inilah Khasiat Ikan Gabus

- 9 September 2022, 09:12 WIB
Alam sedang memegang ikan gabus.
Alam sedang memegang ikan gabus. /PRITIM PRMN/NANANG YUDI/

PRIANGANTIMURNEWS- Ikan Gabus dengan nama latin Channa Striata ternyata mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan. Kalau di Tasikmalaya ikan predator ini terkenal dengan nama 'Deleug'. 

Ikan gabus memiliki kandungan gizi yang tinggi seperti protein sekitar 25,5 persen dan tentunya kadar tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ikan konsumsi lainnya.

Hal tersebut disampaikan Alam Gabus (42) seorang pembudidaya Ikan Gabus asal Kampung Cibeas, RT 01 RW 02, Desa Cintaraja, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat 9 September 2022.

Baca Juga: Ladang Honor Polisi Bisa Berbagi Sembako 

"Memang ikan gabus ini banyak khasiatnya, hampir tiap hari ada konsumen yang memesan ikan gabus, apalagi seorang yang baru habis operasi, sangat bermanfaat," ungkapnya.

Alam menceritakan dirinya budidaya ikan gabus, awalnya ketika dia sakit asam urat dan ada yang memberitahukan untuk mengkonsumsi ikan gabus dan saran tersebut dilakukannya.

"Alhamdulillah, asam urat saya sembuh, itu awalnya saya budidaya ikan gabus, akhirnya saya menampung dari para pemancing ikan gabus dan ternyata banyak juga peminatnya," tuturnya.

Budidaya ikan gabus ditekuni Alam mulai tahun 2016 dan ternyata konsumennya tidak hanya di Tasikmalaya saja tetapi, kata dia, ada juga yang dari luar daerah.

Baca Juga: MERINDING! Pesan Amalia Mustika Ratu ke Yosep, Amalia Datangi Yanti Lewat Mimpi: Pelaku Berusia 24-25 Tahun?

"Tangerang, Bandung, Tegal, paling dekat Garut, bahkan ada juga dari luar Jawa Barat yang memesan ikan gabus, waktu saya buka di internet dan baca-baca ternyata khasiatnya banyak sekali dari ikan gabus ini," jelasnya.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x