KPPS Stres Setelah Pemilu, Begini Lima Cara Tepat Menanganinya

- 17 Februari 2024, 18:00 WIB
Ilustrasi Petugas KPPS bisamengalami kelelahan hingga stres./ PMJ news
Ilustrasi Petugas KPPS bisamengalami kelelahan hingga stres./ PMJ news /

PRIANGANTIMURNEWS - Usai penghitungan suara Pemilu 2024 banyak petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang stres.

Mereka sampai siang sampai dini hari melakukan penghitungan suara. Hal ini tentu bisa membuat para anggota mengalami kelelahan hingga stres

Untuk itu perlu penanganan yang tepat agar ini tidak mengganggu kesehatan para petugas KPPS. Seperti dikutip dari laman American Psychological Association, Sabtu (17/2/2024), berikut cara tepat menangani stres bagi para petugas KPPS.

Baca Juga: Punya Keluhan Kolesterol, Diabetes, dan Darah Tinggi? Ini Solusiya, Resep Ramuan Herbal Dari dr. Zaidul Akbar

1. Istirahat Sejenak
Istirahat berlangsung sebentar di waktu senggang. Mengurus perhitungan suara yang begitu banyak seharian tentu akan membuat pikiran suntuk dan meningkatkan stres.

Anda bisa berhenti sejenak dan melemaskan tubuh saat ada waktu istirahat. Cara ini dapat memulihkan tenaga dan fokus pada otak. Selain itu, istirahat sejenak juga bisa membuat Anda lebih rileks dan tenang.

2.
Teknik Meditasi seperti meditasi, latihan pernapasan dalam, dan mindfulness dapat membantu menghilangkan stres. Mulailah dengan meluangkan beberapa menit untuk melakukan meditasi ini.

Tak perlu repot-repot, Anda bisa melakukannya dalam waktu singkat dimulai dengan menarik napas dalam agar tubuh lebih rileks dan pikiran lebih tenang.

Baca Juga: Nick Kuipers Kirim Pesan Untuk Bobotoh Sampaikan Hal Tak Biasa

3. Tidur yang Cukup
Saat ada kesempatan, gunakanlah untuk memperbaiki waktu tidur dan istirahat yang cukup. Tidur yang cukup dan berkualitas penting untuk manajemen stres yang efektif. Hindari terlalu banyak mengonsumsi kafein agar kualitas tidur Anda bisa lebih baik.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: pmj news


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x