Solusi Ampuh untuk Generasi Z, Psikolog Ungkap Rahasia Aromaterapi Untuk Kelola Stres, Simak Caranya!

- 19 Januari 2024, 16:52 WIB
Ilustrasi Lilin aromaterapi pengilang stres
Ilustrasi Lilin aromaterapi pengilang stres /Pexels/Pexels/Free-Photos

PRIANGANTIMURNEWS - Psikolog terkemuka, Indah Sundari, S.Psi, M.Psi, lulusan Universitas Padjajaran, telah mengungkapkan bahwa penggunaan aromaterapi dapat menjadi kunci untuk mengelola stres, terutama di kalangan dewasa muda yang sering kali merasakan tekanan hidup.

Menurutnya, aromaterapi bukan hanya sekedar wewangian, tetapi juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu meningkatkan fokus serta konsentrasi.

Dalam pernyataannya di Jakarta pada Kamis, 18 Januari 2024, Indah Sundari menjelaskan, "Aromaterapi itu bisa membantu mengurangi stres karena bahan-bahan alaminya bisa meningkatkan kekebalan tubuh, bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi juga, sehingga bisa mengurangi stres dan bisa digunakan sehari-hari."

Baca Juga: Radang Amandel? Ketahui Kapan Diperlukan Dan Risikonya, Tidak Semua Kasus Harus Ditindak Dengan Operasi!

Beberapa penelitian global juga telah membuktikan efektivitas aromaterapi dalam mengelola stres. Salah satunya adalah penelitian yang berjudul "Evaluating the effect of aromatherapy on a stress marker in healthy subjects" yang dirilis pada tahun 2019 dalam "Journal of Pharmaceutical Health Care and Sciences". Penelitian ini menunjukkan bahwa aromaterapi dapat meningkatkan imun tubuh dan mengurangi stres.

Indah Sundari juga memberikan tips praktis bagi mereka yang ingin memanfaatkan aromaterapi untuk mengelola stres. "Pertama ambil posisi duduk atau bisa juga berdiri yang tegak tetapi nyaman. Setelah itu mulai tutup mata," ujarnya.

Dia menyarankan untuk menghirup aromaterapi dalam 3 hitungan, menahan napas selama 4 hitungan, dan membuang nafas pelan-pelan lewat mulut dalam 3 hitungan.

Baca Juga: Apa Manfaat Makan Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan, Ini Lima Manfaatnya

Selain itu, aromaterapi juga dapat dimanfaatkan buat memberikan pijatan ringan di bagian dahi, leher, serta bahu agar menciptakan rasa rileks.

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x