Apa Manfaat Makan Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan, Ini Lima Manfaatnya

- 17 Januari 2024, 19:00 WIB
Belimbing wuluh memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.
Belimbing wuluh memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. /pixabay.com/

PRIANGANTIMURNEWS - Bagi masyarakat khususnya pada ibu rumah tangga, tentu sudah tak asing lagi dengan belimbing wuluh. Selama ini Belimbing wuluh ( Averrhoe bilimbi ) hanya digunakan sebagai pelengkap masakan, atau sesekali dibuat manisan dengan tambahan gula.

Namun ternyata belimbing wuluh mengandung berbagai manfaat kesehatan dan telah menjadi bahan herbal yang turun temurun sebagai bahan pengobatan tradisional.

Bukan hanya buahnya, belimbing wuluh yang bermanfaat bagi kesehatan antara lain bunga dan daunnya. Beberapa masalah kesehatan yang dapat diatasi seperti hipertensi, batuk, sariawan, masalah perut, demam, diabetes, juga dalam mengatasi jerawat.

Baca Juga: Pajak Hiburan Benar Dinaikkan, DKI Jakarta Resmi Naikkan 40 Persen

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa 16 Januari 2024, berikut manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan:

1. Megontrol Kadar Gula Darah
Belimbing wuluh mengandung banyak flavonoid dan serat makanan. Kandungan tersebut bekerja untuk mencegah lonjakan kadar glukosa darah secara mendadak setelah makan. Dengan begitu, buah ini dapat membantu mengelola gejala diabetes.

2. Mengatasi Hipertensi
Pemanfaatan belimbing wuluh untuk mengontrol hipertensi telah lama digunakan secara tradisional. Caranya dengan merebus belimbing wuluh, kemudian air rebusannya diminum. Dianjurkan untuk meminum ramuan tersebut setiap pagi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Baca Juga: Kalung Nenek di Depok Dijambret Dua Remaja yang Naik Sepeda Motor, Viral di Media Sosial

3. Mengobati Wasir
Belimbing wuluh mengandung unsur antiinflamasi, yaitu tanin dan terpen. Kandungan tersebut dapat mengurangi pembengkakan di pembuluh darah anus dan rektum, suatu kondisi yang dikenal sebagai wasir.

Mengaplikasikan ekstrak buah dan daun belimbing wuluh di area yang bermasalah dapat mengurangi rasa sakit, peradangan, dan pendarahan untuk meredakan wasir.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x