Benarkah Jalan Kaki Di luar Rumah Tanpa Alas Menyehatkan? Cek Faktanya Disini Yuk!

- 26 Maret 2024, 06:45 WIB
Ilustrasi berjalan tanpa sepatu.
Ilustrasi berjalan tanpa sepatu. /UNSPLASH/Tikkho Maciel

PRIANGANTIMURNEWS - Berjalan tanpa sepatu di luar rumah sering disebut sebagai 'grounding' atau 'earthing' karena tubuh kita bersentuhan langsung dengan tanah. Ada bukti bahwa ini bisa bermanfaat, seperti mengurangi peradangan.

Beberapa selebriti seperti Cate Blanchett, Jacob Elordi, Shawn Mendes, Chris Pine, dan baru-baru ini Kacey Musgraves juga suka berjalan tanpa sepatu, entah itu untuk kesehatan atau hanya karena nyaman.

Menurut laporan di Eating Well pada Jumat 22 Maret 2024, sebuah penelitian pada tahun 2015 di Journal of Inflammation Research menemukan bahwa kontak langsung dengan tanah bisa membantu meredakan peradangan akibat cedera.

Baca Juga: Para Cewek Harus Tahu! Pasca Lahiran Anak Pertama Secara Normal Cek Otot Dasar Panggul, Kenapa?

Studi kecil lainnya pada tahun 2012 yang diterbitkan di Journal of Environmental and Public Health juga menyarankan bahwa berjalan tanpa sepatu bisa meredakan peradangan, mengurangi stres, dan bahkan menurunkan risiko penyakit jantung.

Peneliti berpikir bahwa ini mungkin karena tubuh kita menerima elektron dari tanah saat kita berjalan tanpa sepatu.

Berjalan adalah aktivitas sehat, apakah dengan sepatu atau tidak. Namun, jika Anda tidak memiliki masalah kaki kronis atau tidak memerlukan penyangga sepatu, berjalan tanpa sepatu di halaman rumah bisa menjadi pilihan yang baik.

Baca Juga: Jumlah Pemudik Lebaran Idulfitri Tahun 2024 Meningkat 56 Persen

Namun, masih perlu diingat bahwa penelitian tentang manfaat berjalan tanpa sepatu masih terbatas. Berjalan secara umum, dengan atau tanpa sepatu, telah terbukti bermanfaat, termasuk dalam meredakan peradangan dan mengurangi stres.

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x