Ini Jenis Virus Corona B.1.617 Yang Bikin Heboh India

- 11 Mei 2021, 22:47 WIB
Sedang membakar jenajah covid.
Sedang membakar jenajah covid. /ANTARA/

PRIANGANTIMURNEWS- Negara India sempat beberapa waktu kebelakang viral diberbagai media sosial, soal adanya serangan virus covid-19 yang membunuh masyarakat India secara masal.

Atas kejadian yang menggemparkan dunia. India mencatat lonjakan kasus infeksi virus corona paling tajam di dunia pada Mei 2021, di mana New Delhi dan Mumbai kehabisan tempat tidur rumah sakit, oksigen tabung, dan obat-obatan.

Saat ini para ilmuwan sedang mempelajari lebih dalam terkait penyebab lonjakan kasus covid tak terduga itu. Saat ini masih menimbulkan pertanyaan semua pihak termasuk para ilmuwan. Namun para ilmuwan memprediksi varian virus corona baru yang pertama kali terdeteksi di India adalah penyebabnya?.

Baca Juga: Tasik Kota Jadi Zona Orenye Warga Senang Bisa Sholat Ied Berjemaah

Para ilmuwan yang sedang meneliti menyebutkan, dimungkinkan serangan varian adalah jenis virus baru corona yang diberi nama B.1.617, keberadaannya telah dilaporkan di 17 negara sehingga akan memberi dampak kekhawatiran global yang sangat tinggi.

"Virus corona varian B.1.617 berisi dua mutasi kunci pada bagian luar "ujung runcing" virus yang menempel pada sel manusia, kata ahli virologi senior India Shahid Jameel dikutif dilaman Antaranews.com Selasa (11 Mei 2021) siang.

Keterangan para ilmuwan pun diperkuat oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, garis turunan varian B.1.617 pertama kali diidentifikasi di India pada Desember tahun lalu, teridentifikasi pada Oktober 2020 tahun lalu.

Baca Juga: Sholat Ied di Mesjid Agung Kota Tasik Sementara untuk Warga Sekitar Mesjid

Tepatnya tgl 10 Mei, WHO mengklasifikasikan virus corona varian India sebagai suatu "varian yang menjadi perhatian dunia", seperti halnya varian yang pertama kali terdeteksi di Brazil, Inggris, dan Afrika Selatan. Studi awal telah menunjukkan virus varian India itu harus diwaspadai karena lebih mudah menyebar.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: AntaraNews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x