Rayakan 100 Tahun Partai Komunis, China Sesumbar

- 1 Juli 2021, 11:43 WIB
Presiden China Xi Jinping berpidato dalam perayaan 100 tahun Partai Komunis China.
Presiden China Xi Jinping berpidato dalam perayaan 100 tahun Partai Komunis China. /Reuters/

PRIANGANTIMURNEWS- Pemerintah dan rakyat China merayakan 100 tahun berdirinya Partai Komunis di negara mereka, Kamis (1 Juli 2021). Presiden China Xi Jinping memberi pesan menohok kepada musuh-musuh China.

Di hadapan ribuan anggota partai, Xi sesumbar bahwa China tak hanya bisa menghancurkan tatanan dunia lama, tapi juga kini tengah menciptakan dunia baru.

Tak lupa, Xi juga memberikan ancaman terhadap kekuatan yang ingin mengganggu China. "Siapapun berani mengganggu, bersiaplah kepalanya dibenturkan ke Tembok China hingga berdarah," ujar Xi di Beijing, dikutip dari Reuters.

Baca Juga: Hassan Rouhani Tuduh Amerika Serikat Kobarkan Perang Kepada Iran

Dalam kesempatan tersebut, Xi yang juga panglima tertinggi militer mengajak pemerintah dan rakyat China untuk mempercepat modernisasi pertahanan dan angkatan perang mereka.

Xi juga menekankan tidak ada tawar-menawar atas upaya menyatukan kembali Taiwan dengan China Daratan, serta menjaga Hongkong dan Makau tetap berada dalam payung "Satu Negera, Dua Sistem".

Partai Komunis China sendiri didirikan pada 1949 di bawah komando Mao Zedong. Berbeda dengan Uni Soviet, negara komunis China kemudian membuka diri terhadap sektor privat di bawah konsep "Sosialisme dengan Karakteristik China".***

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x