Gempa Bumi Tektonik M= 4,6 Dirasakan Tanggamus – Lampung, BMKG Sebut Gempa Susulan Sebanyak 9 Kali

- 1 Juli 2021, 11:22 WIB
Peta penyebaran Gempa bumi yang terjadi di Tanggamus- Lampung.
Peta penyebaran Gempa bumi yang terjadi di Tanggamus- Lampung. /BMKG/

PRIANGANTIMURNEWS– Gempa bumi kembali dirasakan di Tanggamus - Lampung, tepatnya pada sekitar pukul 08.50 WIB pada Kamis, 01 Juli 2021.

Berdasarkan hasil penelurusan tim BMKG, mengatakan bahwa akan terjadi gempa susulan sebanyak 9 kali mulai pukul 09.00 WIB.

BMKG (Badan Meteorologi, Krimatologi, dan Geofisika) menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan M= 4,6. Episenter (pusat gempabumi) 5,59 LS – 104,61 BT, atau tepatnya berada di laut pada jarak Pusat Gempa di Laut 14 km BaratDaya Tanggamu-lampung dengan kedalaman 2 Kilometer.

Menurut BMKG, gempa bumi yang dirasakan oleh warga sekitar lampung ini, adalah gempa bumi jenis Dangkal akibat sesar lokal Semangko Barat.

Baca Juga: Covid 19 Melonjak Tajam, Prokes Akan Dijalankan dengan Penegakan Hukum

Dilansir priangantimurnews.com dari BMKG, menyebutkan berdasarkan hasil kajian dari BMKG bahwa akan susulan sebanyak 9 kali, dan warga di sekitar wilayah Lampung dihimbau untuk tetap waspada.

Getaran gempa bumi dirasakan nyata di dalam rumah, dan getaran sangat terasa seperti sebuah truk yang sedang berlalu dalam jarak dekat di wilayah Kota Agung III MMI.

Sementara, di daerah Limau, Kecamatan ngaras, semaka kab tanggamus II MMI, getaran dari gempabumi dirasakan oleh beberapa orang, serta benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sampai saat ini, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, dan masih dalam kondisi aman, tidak terjadi kerusakan pada bangunan dan lain sebagainya.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x