Benarkah Amazon Garap Proyek untuk Redupkan Cahaya Matahari?

- 6 Desember 2021, 13:39 WIB
Ilustrasi cahaya matahari.
Ilustrasi cahaya matahari. /Instagram @teknologi_id/

PRIANGANTIMURNEWS- Perusahaan milik Jeff Bezos, Amazon, dikabarkan ikut andil dalam proyek untuk meredupkan cahaya matahari.

Proyek yang dinamai manajemen radiasi Matahari (solar radiation management) tersebut sebenarnya digagas oleh National Center for Atmospheric Research (NCAR).

NCAR berkolaborasi menggunakan infrastruktur cloud milik Amazon untuk menghitung berbagai skenario yang mungkin terjadi jika matahari terhalang dan cahayanya meredup.

Baca Juga: Ungkap Kasus Kematian Mahasiswi Asal Mojokerto

Selama beberapa waktu ke belakang, metode pendinginan Bumi memang menjadi topik kontroversial di antara para ilmuwan karena tidak ada data yang dapat diandalkan, empiris atau eksperimental, yang dapat membantu kita memahami dampak penuh dari langkah tersebut.

Metode manajemen radiasi Matahari kolaborasi NCAR dan Amazon ini diharapkan bisa menjadi kartu As untuk mendinginkan Bumi jika pemanasan global terus berlanjut dan kita gagal mengambil langkah dalam mengendalikannya.

Baca Juga: KABAR TERBARU, Randy Resmi Dipecat Terkait Kasus NWR yang Nekart Bunuh Diri di Samping Pusara Ayahnya

Satu-satunya cara untuk memperkirakannya adalah dengan menggunakan superkomputer yang dapat menjalankan skenario ini dan memberi kita kemungkinan hasilnya.***

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @teknologi_id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x