Sengketa Laut Cina Selatan

- 16 April 2022, 22:35 WIB
Klaim Laut China Selatan, China Usir Indonesia dari Pengeboran Minyak dan Gas Alam di Natuna
Klaim Laut China Selatan, China Usir Indonesia dari Pengeboran Minyak dan Gas Alam di Natuna /koarmada1.tnial.mil.id/

PRIANGANTIMURNEWS- Indonesia terletak di tepi selatan Laut China Selatan , yang telah menjadi sarang aktivitas militer selama beberapa tahun terakhir karena China telah melakukan militerisasi pulau-pulau yang disengketakan di sana dan AS serta mitranya telah menentang klaim tersebut.

Pada bulan Maret, tabloid Global Times yang dikelola pemerintah China menuduh Laksamana AS John Aquilino, kepala Komando Indo-Pasifik AS, mencoba meniru krisis Ukraina di Asia-Pasifik, mengumpulkan sekutu, mitra, dan negara-negara lain di kawasan itu. untuk menghadapi Cina.

Baca Juga: Latihan Perang Gabungan AS-Indonesia akan Diperluas ke 14 Negara saat Ketegangan Membara di Indo-Pasifik

Komentar Global Times muncul setelah Aquilino membawa wartawan dalam penerbangan di atas Laut Cina Selatan untuk menyoroti militerisasi Beijing atas pulau-pulau yang disengketakan.

Analis mengatakan Indonesia telah lama berusaha untuk tidak memihak dalam perselisihan AS-China di Laut China Selatan.

Tetapi mereka mencatat bahwa pada tahun lalu Beijing telah tegas dalam mendorong klaimnya di dekat Kepulauan Natuna di daerah di dalam Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia tetapi juga di dalam "sembilan garis putus" China, di mana Beijing mengklaim kendali atas hampir semua wilayah Selatan. Laut Cina.

Baca Juga: Menkeu: Defisit APBN 2023 Berkisar Antara 2,81 hingga 2,95 Persen dari PDB

Sebuah sumber Indonesia mengatakan perilaku China saat ini meningkatkan risiko konflik di kawasan itu karena negara-negara meningkatkan kehadiran militer mereka, termasuk Indonesia, yang telah memperkuat pasukannya di sekitar Kepulauan Natuna.

Tapi jangan berharap Jakarta akan memanggil Beijing secara langsung, kata Collin Koh, seorang peneliti di S. Rajaratnam School of International Studies di Singapura.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: CNN


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah