UEFA Melarang Rusia dari Euro dan Piala Dunia Wanita, Klub Dilarang Musim Depan

- 4 Mei 2022, 13:24 WIB
Logo UEFA Federasi yang menaungi sepakbola di eropa
Logo UEFA Federasi yang menaungi sepakbola di eropa /Instagram @uefa/

PRIANGANTIMURNEWS - UEFA telah melarang Rusia dari kejuaraan Eropa wanita pada bulan Juli dan dari berpartisipasi dalam kualifikasi Piala Dunia tahun depan setelah invasi negara itu ke Ukraina, badan sepak bola Eropa mengatakan pada hari Senin.

Portugal akan menggantikan Rusia untuk turnamen 6-31 Juli di Inggris, setelah kalah dari mereka di babak play-off kualifikasi. Mereka akan bergabung dengan Belanda, Swedia dan Swiss di Grup C.

UEFA juga memutuskan tawaran Rusia untuk menjadi tuan rumah Euro putra pada 2028 dan 2032 tidak memenuhi syarat, yang berarti tawaran bersama Inggris dan Irlandia untuk menjadi tuan rumah Euro 2028 hanya disaingi oleh Turki, yang juga menyatakan minatnya untuk menjadi tuan rumah turnamen 2032.

Baca Juga: Musk Mengatakan Twitter Mungkin Mengenakan Sedikit Biaya untuk Pengguna Komersial dan Pemerintah

Badan pengatur mengatakan tawaran Rusia tidak memenuhi syarat sesuai dengan peraturannya, yang menyatakan "setiap penawar harus memastikan bahwa itu tidak bertindak dengan cara yang dapat membawa UEFA, final UEFA atau fase final UEFA, penawar lainnya, prosedur penawaran atau sepak bola Eropa menjadi jelek".

Selain itu, klub Rusia tidak akan berkompetisi di Liga Champions UEFA, Liga Europa, atau Liga Konferensi Eropa musim depan.

Pemenang Liga Utama Skotlandia akan menggantikan juara Rusia Zenit St Petersburg di babak penyisihan grup Liga Champions 2022-23.

Baca Juga: Inggris Menjanjikan Bantuan Militer Sebesar US$375 Juta Untuk Ukraina

UEFA mengatakan dalam sebuah pernyataan komite eksekutifnya mengambil keputusan untuk "memastikan kelancaran mereka di lingkungan yang aman dan terjamin untuk semua pihak yang berkepentingan".

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x