Mantan Perdana Menteri, Shinzo Abe Ditembak

- 8 Juli 2022, 14:08 WIB
Mantan Perdana Menteri, Shinzo Abe dikabarkan ditembak pada bagian dadanya saat berpidato di sebuah jalan di Nara.
Mantan Perdana Menteri, Shinzo Abe dikabarkan ditembak pada bagian dadanya saat berpidato di sebuah jalan di Nara. /Japantime./

PRIANGANTIMURNEWS- Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, salah satu pemimpin paling berpengaruh dalam sejarah Jepang pasca perang ditembak di dada saat dia sedang berpidato di sebuah jalan di kota Nara pada hari Jumat, dan kejadian itu merupakan upaya pembunuhan. 

Dia dilaporkan dalam keadaan cardiopulmonary arrest. Dia tidak sadarkan diri saat dilarikan ke rumah sakit dan mengalami pendarahan dari dada. 

Polisi telah menangkap pria yang diduga menyerang Abe. Video insiden yang dipublikasikan di media sosial menunjukkan dua tembakan dilepaskan.

Baca Juga: Kabar Gembira, Kiper Persib Bandung Teja Paku Alam Sudah Ikut Latihan 

Abe sedang memberikan pidato di depan Stasiun Yamato Saidaiji ketika dia diserang sekitar pukul 11:30. Siswa sekolah menengah yang menyaksikan penembakan itu mengatakan kepada NHK bahwa seorang pria datang dari belakang dan melepaskan dua tembakan.

"Tembakan pertama terdengar seperti bazoka mainan, dan pria itu kemudian mundur setelah yang pertama," kata seorang siswa. Setelah penyerang melepaskan tembakan kedua, sejumlah besar asap putih muncul, tambahnya. 

Abe diangkut melalui helikopter medis ke Universitas Kedokteran Nara di kota Kashihara, selatan Nara tengah, menurut NHK, yang mengutip pejabat ambulans.

Baca Juga: Berhasil Diringkus, Izin Pesantren Mas Bechi Dibekukan Kemenag

Pria itu ditangkap karena dicurigai melakukan percobaan pembunuhan, dan pistolnya disita, menurut penyiar. NHK mengidentifikasi pria itu sebagai Tetsuya Yamagami, seorang warga kota Nara berusia 41 tahun. 

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: japantimes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x