Sistem Kontras Pemerintah Pihak Kiri dan Kanan di Brazil, Kemenangan Lalu da Silva untuk Rakyat dan Amazon

- 3 Januari 2023, 10:51 WIB
screenshot Lalu da Silva dan pendukungnya dari The Edge of Democracy (2019)/Youtube Channel/Netflix
screenshot Lalu da Silva dan pendukungnya dari The Edge of Democracy (2019)/Youtube Channel/Netflix /

PRIANGANTIMURNEWS- Kemenangan Presiden Lula Da Silva dan Wakil Presiden Geraldo Alckmin atas Mantan Presiden Jair Bolsonaro menjadi penanda yang jelas atas kemenangan pihak kiri dan pendukung kebijakan pemerintahannya yang lebih mendukung sistem sosial dan penghijauan hutan hujan Amazon.

Diketahui Presiden Lalu akhirnya memegang kekuasaan kembali, setelah sebelumnya dijatuhi hukuman penjara akibat tuduhan korupsi karena hukum yang kontroversi.

Namun, dibebaskan kembali oleh mahkamah agung negara Brazil, memenangi pemilihan umum dengan suara 60,3 juta atau  50,9 persen suara, menjadi Presiden untuk ketiga kalinya di negara tersebut, dan memenangkan pihak kiri atas pihak kanan yang berkuasa.

Baca Juga: Jisoo BLACKPINK Buka Channel YouTube Pribadi, Semua Hasilnya Akan Didonasikan

Rencana Lalu dengan Bolsonaro untuk pembangunan pemerintahan memang sangatlah bertentangan. Dimana sistem pemerintahan Jair Bolsonaro ketika menjabat membuat kemunduran perlindungan lingkungan di hutan hujan Amazon.

Selain itu juga mantan presiden Jair lebih melonggarkan undang-undang persenjataan yang, sementara perlindungan masyarakat adat dan minoritas menjadi semakin melemah.

Lula mengatakan visinya saat ini adalah ingin mengubah Brazil salah satunya sebagai produsen makanan top dunia dan menjadi negara adidaya hijau. Selain membuat pada program sosial yang kuat untuk memerangi kemiskinan, kelaparan, dan rasisme.

Baca Juga: Mimpi Buruk Rusia Menjelang Malam Tahun Baru 2023, 63 Tentara Tewas Akibat Serangan Ukraina di Makiivka

Sehingga keputusan pertamanya yang diambil sebagai presiden adalah memulihkan otoritas badan perlindungan lingkungan pemerintah Ibama dan memerangi deforestasi illegal.

Halaman:

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x