1 Detik vs 30 Menit: AI Deep Learning Bantu Menyelamatkan Warga dari Tsunami di Jepang

- 19 Juni 2023, 21:00 WIB
Foto udara yang menunjukkan dampak kehancuran dahsyat Tsunami Jepang tahun 2011 di wilayah timur laut. Kini Tim RIKEN telah menggunakan AI Deep Learning untuk memprediksi informasi tersebut dalam waktu kurang dari satu detik.
Foto udara yang menunjukkan dampak kehancuran dahsyat Tsunami Jepang tahun 2011 di wilayah timur laut. Kini Tim RIKEN telah menggunakan AI Deep Learning untuk memprediksi informasi tersebut dalam waktu kurang dari satu detik. /riken.jp /

PRIANGANTIMURNEWS - Artificial Intellegencie (AI) Deep Learning dapat memprediksi dampak Tsunami dalam waktu singkat jika dibandingkan dengan komputer manual.

Hal tersebut membukakan peluang peranan penting AI Deep Learning dalam menyelamatkan nyawa jutaan manusia dari ancaman besar bencana Tsunami.

AI Deep Learning dapat memangkas waktu yang dibutuhkan untuk memprediksi ketinggian dan jarak jangkauan Tsunami ke daratan.

Baca Juga: Lawan Argentina, Pelatih Timnaw Indonesia Shin Tae Yong Siap Turunkan Pemain Andalan

Bencana Tsunami yang telah melanda Timur Laut Jepang pada 11 Maret 2011 lalu telah merenggut sekitar 18.500 korban jiwa.

Sebenarnya, banyak nyawa yang dapat di diselamatkan saat itu. Apabila peringatan dini Tsunami telah memasukkan prediksi yang benar-benar akurat.

Termasuk prediksi mengenai ketinggian air yang mencapai titik berbeda di sepanjang garis pantai terdampak, serta seberapa jauh jangkauan ke bagian pedalaman.

Pasca peristiwa mengerikan tersebut, wilayah pesisir Jepang saat ini telah menawarkan jaringan sensor terbesar di Dunia. Dengan memantau pergerakan dasar laut.

Baca Juga: Islandia vs Portugal di Kualifikasi UEFA Euro 2024: Pratinjau, Jadwal, H2H, Prediksi skor

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: riken.jp


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x