12.000 Warga dari Tiga Desa Mengungsi Akibat Tanggul Sungai Citarum di Pebayuran Jebol

- 22 Februari 2021, 06:44 WIB
Beberapa warga sedang mengungsi menggunakan perahu karet yang disediakan oleh Tim Basarnas
Beberapa warga sedang mengungsi menggunakan perahu karet yang disediakan oleh Tim Basarnas /Pikiran Rakyat/

PRIANGANTIMURNEWS - Tanggul penahan air di aliran sungai Citarum jebol. Sedikitnya 12.000 warga di tiga desa di Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi terpaksa mengungsi lantaran.

Tanggul jebol terjadi pada Minggu malam 20 Februari 2021 pukul 23.30 wib. Tanggul sepanjang 50 meter itu jebol saat hujan lebat mengguyur wilayah sekitar.

Kepolisian Sektor Pebayuran mencatat, akibat jebolnya tanggul, pemukiman warga di tiga desa terendam banjir hingga ketinggian 2 meter.

Baca Juga: Covid-19 di Majalengka Makin Merajalela, Tiga Kecamatan Kembali Masuk Zona Merah 


“Petugas kami sudah melakukan evakuasi di lapangan. Warga kami tempatkan di pengungsian demi keselamatan,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln, Minggu 21 Feberuari 2021.

Pertama, desa yang terendam banjir itu yakni Karangsegar. Tercatat banjir mencapai ketinggian 2 meter. Akibatnya 5.284 warga mengungsi. Kemudian 2.079 kepala keluarga terkena dampaknya.

Kedua, Desa Sumberurip yang diterjang banjir hingga ketinggian 2 meter. Daerah ini menjadi yang terparah dengan 12.000 kepala keluarga terdampak. Kemudian 5.000 orang terpaksa mengungsi.

Baca Juga: 467 Warga Korban Banjir di Karawang Dievakuasi Tim Rescue Basarnas Bandung

Ketiga, Desa Sumberreja dengan ketinggian banjir 1-2 meter. Sebanyak 685 kepala keluarga terdampak dan 2.670 orang terpaksa mengungsi. “Untuk korban jiwa nihil,” ucap dia.

Belasan ribu warga yang mengungsi ditempatkan di tujuh lokasi di antaranya di Masjid Assyafaah RT.003/001 Desa Sumberurip Kecamatan Pebayuran sebanyak dengan jumlah pengungsi sebanyak 1.500 orang.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x