Wamen ATR Surya Tjandra Tinjau Potensi Pengembangan dan Permasalahan di Jawa Barat Bagian Selatan

- 28 April 2021, 18:32 WIB
Wamen ATR/Wakil Kepala BPN Surya Tjandra (kemeja biru) bersama Bupati dan wakil Bupati Pangandaran usai menyerahkan sertifikat di kantor Bupati, Rabu, 28 April 2021.
Wamen ATR/Wakil Kepala BPN Surya Tjandra (kemeja biru) bersama Bupati dan wakil Bupati Pangandaran usai menyerahkan sertifikat di kantor Bupati, Rabu, 28 April 2021. /PRIATIM PRMN/AGUS KUSNADI/

PRIANGANTIMURNEWS- Wakil Menteri (Wamen) Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) melakukan kunjungan kerjanya ke beberapa wilayah di Pulau Jawa bagian selatan salahsatunya ke Kabupaten Pangandaran.

Sebelum bertemu dengan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata beserta jajarannya, Wamen ATR Surya Tjandra yang didampingi Kepala Kantor BPN Pangandaran meninjau beberapa lokasi diantaranya ke pantai Madasari yang terletak di sebelah barat wilayah Kabupaten Pangandaran tepatnya di Kecamatan Cimerak.

Usai menggelar pertemuan dengan Bupati Pangandaran, Surya Tjandra mengatakan, kalau melihat di lapangan, ada niat yang kuat dari Pemerintah Kab Pangandaran untuk melakukan pengembangan, khususnya di sektor pariwisata.

Baca Juga: Menhan Prabowo Subianto Akan Beli 3 Kapal Selam Baru, Pengganti KRI Nanggala 402 yang Tenggelam

"Memanfaatkan secara optimal sepanjang garis pantai yang 91 kilometer itu. Nah ini butuh pemahaman tata ruang yang baik, karena potensi rawan bencana juga besar. Boleh di bangun tetapi harus terbatas dan mitigasi bencananya juga harus kuat," kata Surya.

Lalu kata Surya, dari kantor BPN harus bekerja yang lebih pro aktif, pasalnya dulu hanya BPN namun sekarang sudah ditambah ada Tata Ruang nya.

"Kita rekomendasikan antara perencanaan nanti sampai pemberian hak, dan memberikan kepastian hukum bagi masyarakat yang nanti bisa melakukan investasi lebih banyak lagi. Dengan itulah ekonomi akan bergerak," kata Surya.

Dirinya berharap, kolaborasi ini bisa dituntaskan, perlu strategi dengan memlaui program PTSL di sepanjang pantai di Pangandaran, agar hak kepemilikannya tuntas.

Baca Juga: Fadli Zon Sebut Penangkapan Munawarman Tak Masuk Akal, Dugaan Terorisme dan Penemuan Cairan Toilet

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x