Menhan Prabowo Subianto Akan Beli 3 Kapal Selam Baru, Pengganti KRI Nanggala 402 yang Tenggelam

- 28 April 2021, 17:51 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto /Instagram @prabowo/

PRIANGANTIMURNEWS – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kabarnya  akan membeli 3 kapal selam baru untuk TNI Angkatan Laul (AL) sebagai pengganti kapal KRI Nanggala-402 yang dinyatakan tenggelam di perairan Bali bebrapa waktu lalu.

Tenggelamnya KRI Nanggala-402 menyisakan duka yang sangat mendalam bagi rakyat Indonesia khususnya TNI AL. Tidak hanya itu, pertahanan Indonesia juga terimbas karena salah satu Alustsista setrateginya berkurang.

Hal ini lah yang membuat Prabowo Subianto lantas menyiapkan anggaran besar untuk membeli 3 kapal selam baru dengan teknologi mumpuni.

Baca Juga: Fadli Zon Sebut Penangkapan Munawarman Tak Masuk Akal, Dugaan Terorisme dan Penemuan Cairan Toilet

Hadirnya ketiga kapal selam tersebut di perkirakan akan datang pada tahun 2024 mendatang.

Dalam rencana strategi (renstra), Indonesia idealnya disebut punya 12 kapal selam. Namun saat ini Indonesia hanya memiliki jauh di bawahnya.

Sebelum tenggelamnya Nanggala-402, Indonesia memiliki 5 kapal selam, namun setelah tragedi itu maka berkurang menjadi empat.

Kapal selam tersebut adalah Kapal Selam Nagapasa-403, Kapal Selam Ardadedali-404, Kapal Selam Alugoro-405 serta Kapal Selam Cakra-401.

Baca Juga: Peringati Hari Puisi Nasional, Kemensetneg Ceritakan Chairil Anwar ‘Penyair Indonesia’

Menhan Prabowo sempat dikabarkan menjajaki pengadaan kapal selam dari Prancis dan Jerman. Namun, kepastiannya belum jelas, setelah pengadaan 3 kapal selam baru dari Korsel sudah tuntas.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @infokomando


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x