Orang Tua Meninggal Terpapar Covid-19, 952 Anak Jadi Yatim Piatu

- 31 Agustus 2021, 22:17 WIB
 Pemakaman korban yang terjangkit virus Covid-19 di Indonesia.
Pemakaman korban yang terjangkit virus Covid-19 di Indonesia. /Reuters/

PRIANGANTIMURNEWS - Pandemi Covid 19 tak hanya membuat perekonomian terpuruk, tetapi juga membuat ratusan anak menjadi yatim piatu karena kedua orang tuanya meninggal terpapar covid.

Di Kabupaten Bekasi ada 952 anak terpaksa menjadi yatim piatu lantaran orang tuanya wafat akibat terinfeksi covid-19. Jumlah ini dipastikan terus bertambah karena pendataan baru mencapai 11 kecamatan.

“Betul, pendataan terus dilakukan. Saat ini ada 952 anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal karena covid-19 di 11 kecamatan. Kami masih menghitung untuk 12 kecamatan lainnya,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, Endin Samsudin, Selasa 31 Agustus 2021.

Baca Juga: Tabrak lari, Pengendara Minibus dikejar Warga di Garut

Anak-anak yang yatim piatu itu berasal dari berbagai usia, mulai dari balita hingga anak usia sekolah, baik dasar, menengah pertama atau menengah atas.

Pendataan anak yatim piatu itu dilakukan berdasarkan arahan Kementerian Sosial RI. Pendataan ini akan menjadi dasar pemberian bantuan bagi anak-anak yang ditinggal ibu dan ayahnya. Dari 23 kecamatan di Kabupaten Bekasi, baru 11 kecamatan yang terdata.

“Masih dalam proses. Mudah-mudahan secepatnya sudah terkumpul 100 dari 23 kecamatan dan bantuannya segera disalurkan,” ucap dia.

Baca Juga: 6 Manfaat Kumis Kucing, Salah Satunya Bisa Menurunkan Kadar Gula

Seperti diketahui, Kabupaten Bekasi menjadi salah satu daerah dengan jumlah kasus tertinggi di Jawa Barat.

Berdasarkan data Pusat Koordinasi dan Informasi Covid-19 Kabupaten Bekasi hingga 31 Agustus 2021, terdapat penambahan 182 kasus baru hingga total menjadi 46.402 kasus covid-19.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x