Sejak Viral Pernyataan Menteri BUMN Erick Thohir, Toilet SPBU di Bogor Mulai Gratis

- 26 November 2021, 22:56 WIB
 Pengumuman toilet gratis ditempel di depan toilet SPBU Kayumanis, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Jumat  26 November 2021.
Pengumuman toilet gratis ditempel di depan toilet SPBU Kayumanis, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Jumat 26 November 2021. /Windiyati Retno Sumardiyani/Pikiran Rakyat

PRIANGANTIMURNEWS - Setelah Menteri BUMN Erick Tohir menegur penjaga toilet di SPBU dan memerintahkan Direktur Pertamina agar Toilet di SPBU jangan ada pungutan, sejumlah pengelola SPBU di Kota Bogor mulai menggratiskan toilet bagi masyarakat.

Di wilayah Bogor dari lima SPBU yang berada di kawasan Jalan Soleh Iskandar Dinata, Kelurahan Kayu Manis, Kota Bogor hingga Jalan Raya Parung-Depok, Desa Jampang, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, tiga di antaranya sudah menggratiskan toilet.

Tak terlihat lagi adanya petugas yang berjaga di depan toilet maupun kotak yang biasanya ditaruh di depan toilet. Sebagai gantinya, pengelola menempelkan kertas bertuliskan ‘toilet gratis’ di depan pintu toilet.

Uci Sanusi, Pengawas SPBU Kayu Manis, Kota Bogor tak menampik, sebelum ada instruksi dari Menteri BUMN Erick Tohir, pengelola SPBU meletakkan kotak sukarela di depan toilet.

Baca Juga: Mobil Kalina Oktaranny Kecelakaan, Saat Mau Fitting Baju Mobil Dihantam Mobil Box

Uang yang terkumpul dari sumbangan sukarela pengguna toilet, menurut Uci digunakan untuk membeli alat kebersihan seperti sabun, dan kebutuhan lainnya.

“Bos langsung menyuruh kita cabut dulu kotaknya pas viral Pak Erick Tohir itu. Kebetulan memang toilet ini dikelola sendiri. Dulu sempat ada yang mau sewa, tapi tidak kami bolehkan,” ujar Uci Sanusi di SPBU Kayumanis.

Menurut Uci, selain di Kayu Manis, SPBU yang berada satu grup dengan SPBU yang diawasinya seperti di Loji, Jalan Baru, dan Dramaga juga tak lagi meletakkan kotak di depan toilet.

Baca Juga: Download Lagu MP3 Aku Bukan Jodohnya - TRI SUAKA COVER BY ZIDAN (Officila Music Video) , UNDUH DISINI

Uci mengatakan, sebelum pernyataan Erick viral, SPBU yang diawasinya memang tidak mematok tarif tertentu atau dijaga oleh petugas khusus.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x